Tanpa Peringatan, Gunung Merapi Kembali Meletus

Letusan Gunung Merapi pagi ini menggemparkan masyarakat Magelang dan sekitarnya. Linimasa di media sosial dibanjiri kabar erupsi Merapi. Seberapa besar letusannya?

Tanpa Peringatan, Gunung Merapi Kembali Meletus
Merapi mengalami letusan freatik, (Kumparan.com)

Inibaru.id – Gunung Merapi di Magelang, Jawa Tengah, kembali mengalami erupsi pada Jumat 11 Mei 2018 pagi.

Seperti ditulis Tribunnews.com, Jumat (11/5/2018), BPBD Magelang melaporkan, gunung paling aktif di jawa Tengah ini memuntahkan debu panas dengan letusan freatik.

Letusan Gunung Merapi. (Twitter.com/kenceng007)

Sebelumnya, Gunung Merapi juga pernah mengalami aktivitas seismik pada 2010 lalu. Dimulai pada akhir September 2010 letusan Merapi terdasyat terjadi pada 26 Oktober 2010.

Kala itu, letusan Merapi mengakibatkan sedikitnya 353 orang tewas, termasuk di antaranya Mbah Maridjan yang dikenal sebagai penjaga gunung yang berada di perbatasan antara Magelang dengan Yogyakarta tersebut.

Letusan Gunung Merapi. (twitter.com/aprilgurl_)

Kendati terjadi letusan, BPBD mengimbau masyarakat tetap tenang, tapi waspada. Masyarakat diharapkan menjauhi radius sekitar tiga kilometer dari puncak Merapi.

"Tetap tenang dan waspada. Kala ada perkembangan informasi bakal segera kami rilis," terang BPBD Magelang.

Yap, buat kamu yang berada nggak jauh dari lokasi kejadian, tetap tenang dan selalu mengikuti instruksi yang berwajib ya. Be safe, Millens! (IB20/E03)