Jadwal Pelaksanaan Asian Games 2022 Hangzhou Dirilis, Pencak Silat Nggak Masuk Daftar Cabor

Jadwal Pelaksanaan Asian Games 2022 Hangzhou Dirilis, Pencak Silat Nggak Masuk Daftar Cabor
Asian Games 2022, Hangzhou, Tiongkok. (Cgtn)

Setelah digelar di Indonesia pada 2018 lalu, 2022 nanti giliran Hangzhou Tiongkok yang menjadi tuan rumah pesta olahraga terbesar se-Asia ini. Berdasarkan jadwal yang dirilis panitia, Asian Games 2022 akan digelar pada 10-25 September 2022.

Inibaru.id – Panitia Penyelenggara Asian Games Hangzhou (HAGOC) resmi mengumumkan jadwal Asian Games 2022. Pesta olahraga antarnegara se-Asia ini akan diadakan pada 10-25 September 2022 di Hangzhou, Tiongkok.

Bersamaan dengan rilis jadwal pelaksanaan, panitia penyelenggara Asian Games ke-19 ini juga mengumumkan daftar cabang olahraga (cabor) yang akan dipertandingkan. Jika pada saat pertemuan Dewan Olimpiade Asia (OCA) pada 2017 lalu cabor yang akan dipertandingkan hanya 34, kini ada 3 cabang olahraga baru, termasuk berkuda yang didaftarkan seperti yang ditulis dalam Xinhuanet.com, Senin (8/4/2019).

Daftar cabang olahraga (cabor) yang akan dipertandingkan di Hangzhou lebih sedikit jika dibandingkan dengan yang dipertandingkan di Asian Games ke-18 yang diadakan di Jakarta dan Palembang pada 2018, yakni 40 cabor.

Ada sejumlah cabor yang dipertandingkan di Asian Games 2018 lalu yang dicoret dalam daftar cabor kali ini. Cabor-cabor itu di antaranya baseball, bowling, bridge, jetski, karate, paragliding, soft tennis, dan beberapa jenis olahraga martial arts seperti sambo dan pencak silat. Hal ini berarti, cukup banyak cabor lumbung medali bagi Indonesia pada Asian Games 2018 yang nggak lagi bisa dibidik di Asian Games berikutnya.

Selain cabor yang dihapus, ada pula cabor tambahan. Pada 21 Februari 2019 lalu, Panitia Olimpiade 2024 mengusulkan beberapa cabang olahraga baru yang akan dipertandingkan seperti panjat tebing, surfing, skateboard, dan dansa hip-hop. Sementara ini, cabor kriket juga dimasukkan dalam daftar.

Kendati demikian, daftar cabor tersebut masih akan dipertimbangkan OCA sebelum HAGOC benar-benar melakukan finalisasi keputusannya. HAGOC pun akan segera melakukan finalisasi cabang olahraga ini bersama dengan Komite Olimpiade Tiongkok dan OCA.

Semoga Indonesia bisa tetap berprestasi di Asian Games 2022 meski banyak cabang olahraga yang dihilangkan ya, Millens. (IB09/E04)