Tanaman yang Akan Menggantikan Lampu

Peneliti di Amerika menjadikan tanaman sebagai "lampu" meja. Tanaman itu bisa bercahaya. Gimana caranya ya?

Tanaman yang Akan Menggantikan Lampu
Sebatang tanaman dibuat bercahaya saat gelap sehingga bisa dijadikan lampu meja. (Inhabitat.com)

Inibaru.id - Kita sering menemukan lampu meja berbentuk tanaman, tapi gimana kalau tanaman hidup dijadikan lampu meja? Sejumlah ilmuwan ternyata mampu melakukan hal tersebut, Millens. Para peneliti Massachusetts Institute of Technology (MIT), AS, itu baru-baru ini membuat tanaman yang menyala dalam gelap. Dalam intensitas rendah, tanaman tersebut bisa jadi lampu meja dan penerang ruangan. Keren nih!

Dalam penelitian, mereka menggunakan selada air. Daun selada diberi nanopartikel luciferase dan co-enzim A yang dimasukkan lewat stomata. Voila, tanamanpun bercahaya. Cahaya itu dihasilkan oleh proses metabolisme energi selada.

“Tujuan awal kami membikin tanaman menjadi lampu meja,” ujar Michael Strano, peneliti senior dalam percobaan itu.

Penelitian yang diketuai Seon-Yeong Kwak itu mampu menciptakan tanaman bercahaya selama 3,5 jam. Ini di luar dugaan karena semula mereka hanya menargetkan selama 45 menit saja.

Tujuan utama penelitian yang didanai Departemen Energi AS itu adalah menggantikan fungsi lampu listrik. Mit.edu, Selasa (12/12/2017), menulis, pencahayaan menyumbang 20 persen konsumsi energi di seluruh dunia. Nah, penelitian ini dilakukan untuk mengurangi pemakaian cahaya listrik.

Selain selada, mereka juga membuat percobaan ada arugula, kangkung, dan bayam. Target mereka adalah mengubah pohon menjadi penerang jalan. Namun, dibutuhkan penelitian lebih mendalam untuk mewujudkan rencana ini.

Nggak terbantahkan, ini memang keren banget ya Millens! Namun, bahaya buat si tanaman nggak ya? Kasihan juga kalau tanamannya jadi korban. Mereka kan juga makhluk hidup. (IF/GIL)