Kim Jong Un Tampil Beda

Biasa tampil dengan setelan jas berwarna gelap, Kim Jong Un tiba-tiba saja tampil lebih kalem dengan setelan jas berwarna putih saat membacakan pidato Tahun Baru di Korea Utara.

Kim Jong Un Tampil Beda
Kim Jong Un (KCNA)

Inibaru.id – Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, biasanya terlihat dengan setelan jas berwarna gelap. Namun, dalam pidato Tahun Baru 2018, ada yang lain dengan sosok "baby face" tersebut, Millens. Dia tampil beda dengan setelah jas abu-abu terang.

Seperti ditulis Kompas.com, Jumat (5/1/2018), analis Korea Institute for National Unification menduga, Kim pengin tampil dengan citra yang lebih lembut dan santai.

Masih dengan tatanan rambut klimis khasnya, Kim dengan tenang dan lancar membacakan pidato kemungkinan adanya delegasi Korut untuk dikirim ke Olimpiade Musim Dingin di Korsel. Nggak hanya itu, Kim juga sebelumnya mengungkapkan penawaran mengejutkan untuk berdiplomasi dengan negara tetangganya itu.

Baca juga:
Ada Bayi Kembar tapi Lahir Beda Tahun
Ada Penguin Kedinginan di Kanada. Kok Bisa?

Para analis juga menyebutkan bahwa rakyat Korut cukup senang dengan citra baru pemimpinnya tersebut. Dia terlihat mendukung perdamaian. Namun, mereka juga menduga ini disebabkan oleh rasa senangnya setelah Korut berhasil memenuhi ambisi nuklirnya.

Tahun lalu, pidato Kim sempat meningkatkan ketegangan Semenanjung Korea. Namun, sebaliknya, tahun ini dia justru menyerukan perbaikan hubungan dengan Korsel.

Disambut Positif

Pidato Kim pun disambut positif pihak Korsel dengan mengusulkan pertemuan tingkat tinggi dua negara saudara ini pada 9 Januari mendatang. Ini dilakukan untuk mencapai gencatan senjata di kawasan Panmunjom, desa yang berada persis di perbatasan kedua negara.

Baca juga:
Yon Koeswoyo Meninggal, Indonesia Berduka
Meregang Nyawa karena Gila Kerja

Nggak cuma penampilan yang berbeda, bahasa tubuh Kim saat berpidato juga menunjukkan rasa kepercayaan yang lebih tinggi. Penampilan baru Kim ini dianggap mirip kakeknya, Kim Il Sung, yang bercitra lebih ramah dan cenderung populer dibandingkan dengan ayahnya, Kim Jong Il yang cenderung tertutup. (AW/GIL)