Selamat Tinggal Taman KB, Selamat Datang di Taman Indonesia Kaya

Selamat Tinggal Taman KB, Selamat Datang di Taman Indonesia Kaya
Taman Indonesia Kaya di Semarang, Jawa Tengah. (Tribun Jateng)

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi resmi membuka Taman Indonesia Kaya yang berlokasi di depan SMA Negeri 1 Semarang. Taman ini dulunya bernama Taman Menteri Supeno (Taman KB)

Inibaru.id – Rabu (10/10/2018) malam, Taman Indonesia Kaya yang berlokasi di Jalan Menteri Soepeno, Semarang, Jawa Tengah resmi dibuka. Taman yang dulu lebih dikenal sebagai Taman KB ini dipugar untuk dijadikan ruang publik yang lebih ramah dan nyaman digunakan masyarakat. Kini, taman itu juga diberkali pelbagai fasilitas pendukung.

Sindonews.com, Rabu (10/10) menulis, Taman Indonesia Kaya adalah hasil karya antara Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang dan Bakti Budaya Djarum Foundation. Taman ini telah dipugar sejak 1 November 2017 silam. Nggak juga taman, ada juga panggung seni pertunjukan terbuka di sana. Nanti, para seniman bisa menggunakan taman tersebut sebagai tempat untuk berekspresi.

“Bersama dengan Pemkot Semarang, pembangunan Taman Indonesia Kaya adalah bukti dari komitmen kami untuk memperkenalkan kebudayaan Indonesia bagi masyarakat, khususnya bagi generasi muda agar kita tidak sampai kehilangan identitas sebagai bangsa. Taman ini juga diharapkan bisa menjadi wadah ekspresi bagi para seniman di Jawa Tengah dan sekitarnya sehingga bisa berkontribusi kepada industri kreatif Tanah Air,” ucap Victor Rachmat Hartono President Director Djarum Foundation.

Upacara peresmian Taman Indonesia Kaya ditandai dengan prosesi pemencetan tombol dan penandatanganan prasasti dilakukan oleh Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Rahayu, President Director Djarum Foundation Victor Rahmat Hartono, serta Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation Renitasari Adrian.

“Adanya Taman Indonesia Kaya bisa menginspirasi komunitas seni dan pekerja seni di Jawa Tengah untuk menciptakan karya baru sekaligus mengembangkan seni budaya Jawa Tengah agar bisa bersaing di kancah nasional dan internasional,” ungkap Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi.

Sebagai informasi, Taman Indonesia Kaya memiliki luas 5.000 meter persegi. Terletak di pusat kota, taman ini memiliki Panggung Budaya dengan dua sisi. Sisi pertama berada di hadapan SMAN 1 Semarag dan bisa dipakai untuk pementasan dengan kapasitas sekitar 200 orang. Sementara itu, sisi panggung kedua menghadap Kantor Gubernur Jateng dan bisa menampung sekitar 800 orang.

Wah, Semarang punya tempat keren lagi nih, Millens. Lumayan kan, kalau car free day bisa mlipir swafoto ke taman ini. He-he. (IB09/E04)