Takut Memakai Zoom? Gunakan Saja Aplikasi Konferensi Video Ini

Takut Memakai Zoom? Gunakan Saja Aplikasi Konferensi Video Ini
Conference Video nggak melulu harus dilakukan via Zoom (vantage)

Sering dipakai untuk WFH atau work from home. Aplikasi konferensi video Zoom diterpa isu keamanan. Kalau kamu takut melakukannya, gunakan saja aplikasi-aplikasi lainnya seperti sebagai berikut.

Inibaru.id - Sesuai imbauan pemerintah, kita dianjurkan untuk tetap berada di rumah selama masa pandemi Covid-19 ini. Mau tak mau, kita harus melakukan segala hal dari rumah, termasuk bekerja.

Saat bekerja di rumah, terkadang kamu membutuhkan panggilan video. Salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk hal ini adalah Zoom, apalagi jika jumlah orang yang ikut bergabung cukup banyak. Namun, baru-baru ini Zoom diterpa isu keamanan. Nggak memiliki enkripsi end-to-end, informasi yang disampaikan saat panggilan video Zoom dikhawatirkan bsa diretas orang lain.

Tak perlu khawatir nggak bisa kerja tanpa Zoom. Ternyata, masih ada beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk bekerja dari rumah. Simak yuk aplikasi-aplikasi tersebut.

1. Skype

Melakukan panggilan video dengan Skype (mspoweruser)
Melakukan panggilan video dengan Skype (mspoweruser)

Aplikasi pertama adalah Skype. Yap, aplikasi ini pasti sudah nggak asing lagi di telingamu. Hal ini disebabkan oleh Skype yang sudah berdiri cukup lama, tepatnya sejak 2000. Aplikasi milik Microsoft ini hanya dapat menampung 25 orang untuk bertatap muka secara daring.

Selain dapat melakukan panggilan video jarak jauh, Skype juga bisa kamu gunakan untuk chatting secara individu maupun grup, lo.

2. Microsoft Teams

Microsoft Teams (thomasmaurer.ch)
Microsoft Teams (thomasmaurer.ch)

Sama-sama keluaran Microsoft, Teams menggantikan Skype for Business dengan layanan yang lebih mutakhir. Layanan ini merupakan kombinasi antara pesan dan video konferensi. Aplikasi ini bisa menggelar pertemuan online hingga 250 orang lo, Millens.

3. Whatsapp

Aplikasi WhatsApp (futurecdn)
Aplikasi WhatsApp (futurecdn)

Menjadi aplikasi perpesanan paling populer di dunia, Whatsapp memperkenalkan panggilan video grup gratis untuk semua penggunanya secara resmi pada 2018 silam. Fitur tersebut sangat memudahkan para pengguna untuk mengobrol dengan teman dan keluarga. Sayangnya, fitur ini hanya bisa melayani panggilan video  bersama 4 orang dalam satu waktu.

4. Google Hangouts Meet

Google Meet (Google)
Google Meet (Google)

Tak mau ketinggalan, Google juga menciptakan aplikasi video bernama Hangouts Meet. Aplikasi percakapan online ini mampu melakukan panggilan video dengan 250 pengguna sekaligus lo, Millens. Fitur-fitur yang ada di aplikasi ini juga beragam, mulai dari dapat menampilkan caption secara otomatis menggunakan teknologi text-to-speech, hingga mengintegrasi jadwal meeting memakai Google Calendar.

5. House Party

House Party video call (theverge)
House Party video call (theverge)

Meski masih terdengar asing di telingamu, House Party ternyata cukup populer di luar negeri, lo. House party merupakan aplikasi obrolan video untuk orang-orang yang ingin bermain gim dan bersenang-senang dengan teman serta keluarga dari jarak jauh.

Selain itu, House Party juga menawarkan pilihan permainan interaktif yang cocok untuk dimainkan berpasangan atau kelompok. Jenis gim yang tersedia juga bervariasi, dari yang mudah, sulit, atau yang berupa tebak-tebakan.

Selain Zoom, kamu lebih suka memakai aplikasi apa untuk WFH nih, Millens? (Rep/IB24/E07)