Taklukan Spanyol, Rusia Jamu Kroasia di Perempat Final

Taklukan Spanyol, Rusia Jamu Kroasia di Perempat Final
Ekspresi kebahagiaan pemain Rusia saat berhasil mengalahkan Spanyol. (338s.net)

Rusia mengalahkan Spanyol melalui adu penalti dengan skor 4-3 pada pertandingan Minggu (1/7/2018). Kemenangan ini mengantarkan Rusia melaju ke perempat final melawan Kroasia.

Inibaru.id – Setelah menumbangkan Spanyol di Stadion Luzhniki, Moskwa, Rusia dengan skor 4-3, Rusia dipastikan melaju ke perempat final Piala Dunia 2018. Sang tuan rumah menang lewat adu penalti usai ditahan imbang Spanyol 1-1 hingga babak kedua berakhir. Setelah mengalahkan Spanyol, negara berjuluk Beruang Merah tersebut dijadwalkan bakal bertanding melawan Kroasia pada Minggu (8/7/2018) pukul 01.00 WIB.

Dalam pertandingan yang berjalan selama 120 menit itu, Rusia sempat tertinggal lantaran salah satu pemainnya, Sergey Ignashevich, melakukan gol bunuh diri. Pada menit ke 41, tuan rumah berhasil menyamakan kedudukan lewat gol yang diciptakan Artem Dzyuba melalui titik putih. Spanyol berusaha membobol pertahanan Rusia, tapi skor nggak berubah hingga akhir pertandingan. Pemenang kemudian ditentukan melalui adu penalti.

Andres Iniesta, Gerard Pique, dan Sergio Ramos sukses mengeksekusi penalti, tapi Koke dan Iago Aspas gagal menjalankan tugas mereka. Sebaliknya, empat pemain Rusia yakni Fedor Semolov, Sergei Ignashevich, Aleksandr Golovin, dan Denis Cheryshev berhasil mencetak gol ke gawang Spanyol.

Selain Jerman, Spanyol sempat dijagokan sebagai salah satu tim terkuat mengingat negara ini berhasil menjadi juara Euro 2008, Piala Dunia 2010, dan Euro 2012. Sementara itu, sepanjang gelaran Piala Dunia 2018, Rusia menjadi salah satu peserta dengan pencetak gol bunuh diri terbanyak seperti dilansir dari Bola.com, Jumat (29/6).

Di pertandingan lain yang digelar di Stadion Nizhny Novgorod, Rusia, Kroasia mengalahkan Denmark dengan skor 3-2 melalui adu penalti. Laga berjalan imbang 1-1 dengan Denmark mencetak keunggulan terlebih dahulu pada detik ke-57 babak pertama. Pada menit keempat, Mario Mandzukic berhasil mengejar ketertinggalan Kroasia setelah membobol gawang yang dijaga Kasper Schmeichel.

Kroasia berhasil keluar sebagai pemenang melalui performa apik sang penjaga gawang, Danijel Subasic. Subasic yang bermain di klub AS Monaco ini berhasil menghalau tendangan Christian Eriksen, Lesse Schoene, dan Nicolai Joergensen. Jika berhasil mengalahkan Rusia pada perempat final nanti, Kroasia nggak menutup kemungkinan bisa mengulang pencapaian tertinggi mereka seperti saat menjadi juara ketiga Piala Dunia 1998.

Wah, nggak sabar ya menunggu siapa yang jadi pemenang Piala Dunia tahun ini. Kalau Sobat Millens dukung tim yang mana nih? (IB15/E04)