Noda Tinta di Baju Bisa Hilang dengan Bahan-Bahan Rumahan Ini

Noda Tinta di Baju Bisa Hilang dengan Bahan-Bahan Rumahan Ini
Memanfaatkan bahan-bahan rumah tangga sebagai penghilang noda tinta. (Alex-photo)

Noda tinta pada pakaian memang mengganggu. Eits, tapi jangan khawatir, bahan-bahan yang ada di rumahmu ini bisa membersihkannya, lo.

Inibaru.id – Memakai pakaian putih sangat berisiko terkena noda. Debu yang menempel, terkenan tumpahan makanan, hingga terkena tinta adalah risiko yang kamu hadapi saat memakai baju putih. Terlebih lagi saat Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 seperti ini, tinta bertebaran di mana-mana. Kalau nggak hati-hati, baju putihmu bisa ketumpahan tinta.

Beberapa kali tinta atau noda itu susah hilang. Pakaian putihmu pun kurang cantik dengan adanya noda tersebut. Namun, kamu nggak perlu khawatir. Noda-noda tersebut rupanya bisa hilang hanya dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah kamu temukan di rumah. Berikut beberapa bahan yang bisa menghilangkan noda tinta di baju.

Garam

Selain sebagai penambah cita rasa makanan, garam juga dapat dimanfaatkan untuk membersihkan pakaian bernoda tinta. Kamu tinggal mengusapkan garam dengan tisu basah, lalu sikat sisa-sisa garam. Ulangi hingga noda benar-benar terangkat. Membubuhkan garam pada noda tinta yang masih basah bisa mempermudah proses menghilangkannya.

Pasta Gigi

Selain dapat membersihkan gigi, pasta gigi juga bisa menghilangkan bekas noda tinta pada pakaian. Namun, pasta gigi hanya bisa digunakan untuk menghapuskan noda pada beberapa bahan dan juga tinta.

Kamu hanya perlu mengoleskan pasta gigi non-gel pada noda dan gosok dengan kuat. Setelah noda hilang, bilas menggunakan air. Jika masih terdapat noda, ulangi prosesnya hingga keseluruhan tinta hilang.

Campuran Susu dan Kanji

Jika adikmu nggak sengaja menumpahkan tinta pada karpet, cobalah gunakan susu. Campurkan susu dengan tepung kanji hingga berbentuk pasta, kemudian aplikasikan pada bagian yang terkena noda.

Saat pasta tersebut sudah mengering di karpet, sikat sisa-sisanya ketika kering kemudian bersihkan.

Susu

Referensi selanjutnya yakni susu. Kamu hanya perlu merendam pakaian bernoda tersebut semalaman, lalu cuci keesokan harinya.

Hair spray

Cara ini mungkin cara yang paling mudah. Hanya dengan menyemprot bagian baju dengan hair spray, noda akan segera hilang.

So, nggak perlu khawatir lagi ya kalau terkena tinta, Millens. (IB24/E04)