Tai Cao, Panda Taman Safari yang Jadi Panda Terfavorit di Luar Tiongkok

Tai Cao, Panda Taman Safari yang Jadi Panda Terfavorit di Luar Tiongkok
Tai Cao, panda raksasa di Taman Safari Indonesia yang jadi panda terfavorit di luar Tiongkok. (Tempo.co)

Tai Cao terpilih menjadi panda terfavorit yang ada di luar Tiongkok. Panda di Taman Safari Indonesia itu mendapat penghargaan dari Giant Panda Global Award.

Inibaru.id – Nggak cuma pelajar, artis, atau atlet yang bisa mendapat penghargaan, seekor panda raksasa di Taman Safari Indonesia, Cisarua, Bogor ini juga mendapatkan penghargaan, lo. Panda bernama Tai Cao itu baru saja dinobatkan sebagai panda terfavorit di luar Tiongkok.

Tempo.co, Senin (30/7/2018) menulis, Tai Cao adalah satu dari dua ekor panda raksasa di Taman Safari yang dipinjam dari Tiongkok. Tai Cao dipinjam selama 10 tahun dengan harapan bisa memiliki anak di Indonesia bersama dengan pasangannya Hu Chun.

Pada Sabtu (28/7) lalu, Tai Cao mendapatkan penghargaan sebagai panda terfavorit yang berada di luar Tiongkok Giant Panda Global Award (GPGA). Sebagai informasi, GPGA adalah penghargaan bergengsi bertaraf internasional yang diadakan setiap tahun di Berlin, Jerman. Acara yang digelar Giant Panda Global itu dihadiri sejumlah tamu undangan termasuk Duta Besar Republik Rakyat Tiongkok bagi Indonesia, Xiao Qian dan perwakilan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

Pemimpin Giant Panda Global Jeroen Jacobs mengatakan, selain karena mendapatkan suara terbanyak, penghargaan ini juga membuktikan konservasi panda raksasa di Taman Safari Indonesia berlangsung sangat baik.

Di seluruh dunia, hanya tinggal ada 1.864 panda raksasa di alam liar dan 520 ekor di kebun binatang. Selain Tiongkok, hanya 17 negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia yang melakukan konservasi panda raksasa.

Direktur Taman Safari Indonesia Jansen Manangsang mengungkapkan rasa bahagianya tas pencapaian ini.

“Saya ucapkan terima kasih karena penghargaan ini adalah pencapaian luar biasa. Sejak 2010 saya sudah bermimpi mendatangkan panda raksasa ke Taman Safari Indonesia. Impian ini terwujud sejak September tahun lalu dan kali ini juga mendapat penghargaan,” kata Jansen.

Nggak cuma Tai Cao yang mendapat penghargaan, Jansen Manangsang juga mendapatkan Bronze Award karena dianggap berjasa dalam pendatangan dan konservasi panda raksasa di Indonesia.

“Penghargaan ini tepat waktunya karena kami juga menyambut Hari Konvervasi Alam Nasional yang akan diadakan di Area Istana Panda Indonesia, Taman Safari Indonesia,” lanjut Jansen.

Wah, selamat Tai Cao. Semoga konservasi panda raksasa di Indonesia semakin baik ya, Millens. (IB09/E04)