Tahun 2020 Renovasi Stasiun Solo Balapan Ditargetkan Selesai

Tahun 2020 Renovasi Stasiun Solo Balapan Ditargetkan Selesai
Stasiun Solo Balapan. (Twitter/mmukhlishudaf)

Stasiun Solo Balapan sedang direnovasi. Bagian mana sajakah yang sedang mendapatkan perbaikan? Berikut adalah penjelasannya.

Inibaru.id – Saat ini, Stasiun Solo Balapan sedang direnovasi. PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero menyebut renovasi Stasiun Solo Balapan ditargetkan rampung pada 2020.

Laman Antaranews, Rabu (4/9/2019) menulis, renovasi di Stasiun Solo Balapan lebih ke perbaikan atau penambahan fasilitas demi memberikan kenyamanan bagi penumpang.

“Ada beberapa fasilitas yang akan ditambah atau diperbaiki seperti penambahan ruang tunggu, taman, toilet umum, perluasan masjid, dan perluasan lahan parkir,” ucap Manajer Bangunan Dinas PT KAI (Persero) Daop VI Dwi Rostanto.

Dwi juga menyebut KAI berencana membangun tempat parkir bertingkat agar bisa memuat lebih banyak kendaraan.

“Kalau bisa dibangun, nantinya kendaraan yang bisa ditampung bisa mencapai ribuan unit, tepatnya 250 unit kendaraan roda empat dan 1.000 unit roda dua,” lanjutnya.

Dwi menyebut perbaikan dan penambahan sejumlah fasilitas di Stasiun Solo Balapan diharapkan bisa membuat para penumpang semakin nyaman memakai jasa kereta api di Kota Surakarta. Apalagi dengan fakta stasiun ini sudah sangat identik dan bahkan menjadi ikon kota Solo sehingga keindahan bangunannya diperhatikan.

Sebelum ini, PT KAI (Persero) telah meresmikan ruang tunggu untuk KA Bandara di Stasiun Balapan. Peresmian dilakukan Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro. Saat itu, Edi ingin PT KAI (Persero) mengoptimalkan pelayanan pada para penumpang. Khusus untuk Daop VI, pemeliharaan gedung dan pelayanan penumpang harus lebih diperhatikan.

“KAI harus fokus ke pelayanan untuk masyarakat, bukannya mencari untung,” pesan Edi.

Sementara itu, Dwi Rostanto berharap ruang tunggu KA bandara di Stasiun Solo Balapan bisa dijadikan contoh yang diterapkan bagi stasiun-stasiun lainnya yang menuju bandara.

Jadi penasaran ya Millens, seperti apa rupa Stasiun Solo Balapan yang ikonik ini setelah direnovasi nantinya. (IB09/E04)