Kans Indonesia Lolos ke Perempat Final Piala Asia 2018 Terbuka Lebar

Kans Indonesia Lolos ke Perempat Final Piala Asia 2018 Terbuka Lebar
Timnas U-16 tatkala berlaga di Piala Asia U-16 di Malaysia. (PSSI)

Indonesia punya peluang besar untuk lolos ke babak perempat final Piala Asia 2018. Bagus dkk hanya tinggal bermain imbang pada laga terakhir grup melawan India untuk masuk perempat final.

Inibaru.id – Laga antara timnas Indonesia U-16 melawan Vietnam pada Senin (24/9/2018) berlangsung sengit. Pada pertandingan yang digelar di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia itu kedua tim harus puas dengan skor imbang 1-1 di akhir laga. Gol Khuat Van Khang di babak pertama dibalas Sutan Diego Armando Ondriano Zico di babak kedua setelah mendapatkan umpan dari Amiruddin Bagus Kahfi Alfikri.

Selepas pertandingan kedua Grup C ini salah seorang pemain timnas U-16 Andre Oktaviansyah mengaku bersyukur dengan hasil pertandingan.

“Bersyukur bisa mendapatkan satu poin, tapi kami harus berjuang lagi melawan India. Kami nggak mau mengincar hasil imbang lawan India. Insya Allah bisa kalau kami lebih kompak,” ucap Andre sebagaimana dilansir dari Detik.com, Selasa (25/9).

Hasil imbang ini nggak mempengaruhi peringkat klasemen grup C Piala Asia 2018. Indonesia masih berada di peringkat pertama dengan empat poin. India berada di peringkat kedua dengan poin yang sama tapi kalah selisih gol dari Indonesia.

Sementara itu, Vietnam berada di urutan ketiga dengan satu poin. Di posisi buncit adalah Timnas U-16 Iran yang juga baru mengoleksi satu poin tapi kalah selisih gol dari Vietnam karena belum mencetak satu pun gol di kompetisi ini seperti ditulis Kompas.com, Senin (24/9).

Dengan klasemen tersebut, peluang timnas U-16 untuk melaju ke babak perempat final terbuka lebar.  Hasil imbang sudah cukup untuk meloloskan Bagus dkk ke babak selanjutnya. Sementara itu, Vietnam dan Iran harus “saling bunuh” di pertandingan terakhir sembari berharap salah satu dari Indonesia atau India mengalami kekalahan dengan selisih gol yang cukup besar.

Kendati peluang untuk lolos cukup besar, timnas U-16 nggak boleh hanya mengharapkan hasil imbang. Kemenangan bisa menyegel status sebagai juara grup yang tentu bisa memberikan keuntungan tersendiri saat berlaga di babak perempat final. Selain itu, India tentunya juga mengincar kemenangan demi menjadi jura grup.

Selalu dukung timnas U-16 pada Piala Asia 2018 ini ya, Millens. Semoga anak asuh Fakhri Husaini bisa bermain maksimal dan meraih kemenangan. (IB09/E04)