Tagar #SEAGames2019fail Menggema di Twitter, PHISGOC Filipina Minta Maaf

Tagar #SEAGames2019fail Menggema di Twitter, PHISGOC Filipina Minta Maaf
Ruang konferensi pers cabang sepak bola di SEA Games 2019 (ABS-CBN News)

Berbagai kendala yang dialami oleh para atlet dari berbagai negara di ajang SEA Games 2019 di Filipina membuat tagar #SEAGames2019fail menggema di media sosial. Berbagai persiapan yang dinilai kurang juga memancing reaksi warganet.

Inibaru.id – Ajang olahraga antar negara Asia Tenggara, SEA Games 2019 yang digelar di Filipina mengalami berbagai macam kekacauan. Pihak panitia bahkan sampai meminta maaf akibat hal ini.

Kompas, Selasa (26/11/19) menulis, di media sosial Twitter viral tagar #SEAGames2019fail yang sempat menjadi trending topic. Isi dari tagar ini menunjukkan ketidaksiapan Filipina dalam menyiapkan ajang dua tahunan ini.

Meski upacara pembukaan belum diselenggarakan, beberapa cabang olahraga telah melakukan pertandingan. Salah satunya adalah sepak bola. Kontingen dari Timor Leste, Kamboja, Myanmar, Thailand, dan Indonesia mendapatkan imbas dari ketidaksiapan Filipina dalam menyelenggarakan SEA Games tahun ini.

Timnas U-23 Timor Leste sempat terdampar tiga jam di bandara Manila dan tak kunjung mendapatkan jemputan ke hotel. Bahkan, saat sudah mendapatkan jemputan, mereka dibawa ke hotel yang salah. Pemain Timnas U-23 Kamboja sampai tidur di atas karpet lobi hotel karena pihak penyelenggara belum memesan kamar. Sementara itu, Timnas U-23 Myanmar mengeluhkan transportasi dan fasilitas lain yang kurang memuaskan.

Timnas U-23 Thailand dan Indonesia yang bertanding pada Selasa (26/11) kemarin sempat mengalami kendala sebelum berlaga. Thailand memilih untuk membatalkan latihan sebelum pertandingan karena terjebak kemacetan hingga dua jam. Mereka juga mengeluhkan makanan yang disediakan panitia yang dianggap tidak memenuhi kebutuhan gizi.

Sementara itu, Timnas U-23 Indonesia memilih untuk berjalan kaki sejauh 1,2 km ke Stadion Rizal Memorial karena bus jemputan yang tak kunjung datang. Meski begitu, Indra Sjafri Pelatih Timnas memilih untuk fokus ke pertandingan.

“Kami hanya fokus ke pertandingan. Saya tidak mau hal-hal kecil seperti itu menjadi masalah buat kami,” ucap pelatih Timnas, Indra Sjafri.

Beberapa hal juga menjadi sorotan warganet di Twitter seperti kondisi ruangan konferensi pers , spanduk ucapan selamat datang hingga ruang ganti. Berbagai ruangan yang disediakan penyelenggara pun terlihat berantakan dan tidak representatif.

"Kumpul karang taruna se-ASEN #SEAGames2019fail," cuit akun @Nopalgeraldine sambil menyertakan gambar ruangan konferensi pers Sea Games 2019 yang disebut-sebut mirip dengan gudang Bulog oleh warganet lain.

Adanya berbagai masalah ini membuat panitia penyelenggara SEA Games 2019 Filipina (PHISGOC) meminta maaf.

“Insiden itu tetap menjadi pengingat bagi kami sebagai penyelenggara untuk lebih rajin. Kami berutang kepada tamu-tamu kami dan warga negara kami,” ucap panitia.

Semoga panitia segera memperbaiki segala kekurangan agar atlet bisa fokus dan maksimal dalam bertanding, ya Millens? (IB09/E06)