Tagar "Hoax Membangun" yang Mendadak Ramai

Pernyataan Djoko Setiadi tentang hoaks membangun menjadi buah bibir warganet. Djoko pun akhirnya meminta maaf.

Tagar "Hoax Membangun" yang Mendadak Ramai
Djoko Setiadi resmi dilantik sebagai Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) pada Rabu (3/1/2018). (Antaranews.com)

Inibaru.id – Sudahkah membuka Twitter hari ini? Kalau sudah, berarti tahu dong ya trending topic Indonesia apa? Sejak Rabu (3/1/2018) pagi hingga Kamis (4/1) pagi, tagar #HoaxMembangun nangkring di topik teratas Twitter. Tagar itu adalah bentuk reaksi atas pernyataan yang diungkapkan oleh Djoko Setiadi.

Djoko baru saja dilantik Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) sebagai Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) pada Rabu (3/1). Sesaat setelah dilantik, pria kelahiran Surakarta itu memberikan pernyataan berkait hoaks yang semakin merajalela.

“Hoaks itu harus kita lihat, ada yang positif tapi juga ada yang negatif. Saya imbau kepada kawan-kawan, putra-putri bangsa Indonesia ini, sebenarnya kalau hoaks membangun ya silakan saja,” ujar Djoko.

Ujaran Djoko itu sontak memancing reaksi warganet. Beragam komentar pun dilontarkan lewat jejaring sosial.

Baca juga:
Youtuber Dikecam Setelah Unggah Video Orang Bunuh Diri
Kenal Lebih Dekat dengan "Video on Demand"

Kamu ga gendut, kamu itu hanya seseorang yang menghargai makanan” tulis akun Twitter @falla_adinda.

Bayarin dulu ya, tar gua ganti. #HoaxMembangun” kata akun @Ipan_Art

Bahkan ada pula yang membuatkan hari #HoaxMembangun. "Hari ini ditetapkan sebagai hari #HoaxMembangun Nasional,” tulis @Farid_deWajdi.

Lucu-lucu ya komentar warganet. Ha-ha.

Konstruktif

Menurut Djoko, hoaks yang membangun contohnya adalah memberikan masukan, ide, dan saran konstruktif bagi pemerintah seperti ditulis Kompas.com, Kamis (4/1). Setelah pernyataannya meroket, Djoko Setiadi kemudian mengungkapkan permintaan maaf pada Rabu malam. Ketua Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) selama dua periode itu mengaku memunculkan pernyataan hoaks yang membangun itu untuk mengetahui reaksi publik.

Baca juga:
Menanti Trikuel Supermoon di Akhir Januari
Masalah Baru Tiongkok: Sepeda Zombie

“(Pernyataan) Ini hanya gaya. Saya pengin tahu kepekaan kawan-kawan terhadap kalimat ini. Ternyata luar biasa peka, saya bangga. Tapi tanggapannya terlalu serius,” ungkap Djoko.

Yeah, Pak Djoko sudah meminta maaf sih, dimaafkan ya, Millens(IF/GIL)