T-Rex, Robot Asli Indonesia

Tim pengembang dari Yogyakarta menciptakan robot animasi elektronik bernama T-Rex. Robot ini bahkan sudah dilirik sejumlah pihak. Seperti apa bentuknya?

T-Rex, Robot Asli Indonesia
Robot T-Rex membawa penumpang. (Krjogja.com)

Inibaru.id – Jarang banget anak muda Indonesia disebut sebagai pengembang robot. Para pencipta robot kebanyakan didominasi para pemuda dari Jepang, AS, atau Tiongkok. Namun, biarpun nggak banyak, ada kok anak negeri yang bisa bikin robot. Salah seorang di antaranya adalah Muhammad Iqbal Firmansyah.

Yang unik, bersama tim robotik Jagad Jaya Kreasi, Iqbal memanfaatkan barang bekas untuk berkarya. Para anak muda Yogyakarta itu membuat robot animasi elektronik (animatronik) dengan nama robot T-Rex. Hm, hebat nih, Millens!

Baca juga:
Antam Luncurkan Batang Emas Berlogo Anjing Tanah
Motor Anyar Jokowi di Istana Bogor

Seperti ditulis Detik.com, Senin (20/1/2018), robot yang mereka kembangkan ini bisa berjalan dengan dua kaki. Namun, sejauh ini ciptaan mereka masih ada kendala, yakni cara berjalan T-Rex belum stabil. Nah, untuk penyeimbang, mereka memanfaatkan kereta atau gerobak.

Ke depannya, mereka terus melanjutkan penelitian dengan menambah konsep dan kemampuan baru. Salah satu target mereka adalah membuat robot berjalan dengan empat kaki.

“Kalau empat kaki mungkin bisa membawa anak-anak tanpa gerobak,” papar Iqbal.

Jadi Sasaran Pembeli

Berkat keunikan robot buatan anak bangsa ini, sejumlah pihak sudah membidik robot T-rex untuk dibeli. Sebagian juga sudah mengubungi tim Jagad Jaya Kreasi. Namun, hingga kini tim belum bisa menentukan biaya pastinya karena robot masih dalam tahap pengembangan.

Baca juga:
Video Tantangan Kunyah Sabun Dicekal Youtube
Whatsapp Business Sudah Bisa Dipakai di Indonesia. Mau Coba?

Iqbal mengungkapkan, selama ini robot yang dipamerkan di tempat wisata adalah robot animasi elektronik impor buatan Jepang, Tiongkok, dan negara-negara Eropa. Dia berharap, robot T-Rex bisa dilirik pengelola-pengelola destinasi wisata.

Di tengah dinamika beragam kejadian di Indonesia, ternyata masih banyak hal yang menginspirasi, ya. Apalagi, produk lokal yang penuh kreativitas seperti ini patut kita banggakan. Benar nggak, Millens? (AYU/GIL)