Syekh Ali Jaber, Ulama Asal Madinah yang Dedikasikan Ilmunya untuk Indonesia

Syekh Ali Jaber, Ulama Asal Madinah yang Dedikasikan Ilmunya untuk Indonesia
Syekh Ali Jaber meninggal dunia. (Twitter.com/plesbol_)

Syekh Ali Jaber meninggal hari ini, Kamis (14/1/2021) pukul 08.30 WIB di RS Yarsi Jakarta. Sebelum meninggal, ulama asal Madinah yang dedikasikan ilmunya untuk Indonesia itu sempat terjangkit Covid-19, tapi sudah dinyatakan negatif.

Inibaru.id – Ulama terkemuka Tanah Air Syekh Ali Jaber mengembuskan napas terakhir di RS Yarsi Jakarta pada Kamis (14/1/2021) pukul 08.30 WIB. Sebelum meninggal, Ali Jaber sempat dikabarkan berhari-hari berjuang melawan Covid-19. Namun, lelaki 44 tahun itu sudah dinyatakan negatif.

Kabar meninggalnya Ali Jaber diungkap oleh Ustaz Yusuf Mansur lewat akun Instagram-nya.

“Innalillahi wa innailaihi raji'un. Kita semua berduka, Indonesia berduka. Syekh Ali pulang ke rahmatullah jam 8.30 di RS Yarsi pagi tadi. Insya Allah beliau syahid. Kurang lebih beliau 16 hari pakai ventilator. Tadi malam dikabari Ustad Iskandar dan dokter bahwa Syekh Ali kritis, saya juga sebar ke para ulama, kiai, teman-teman di pondok minta doa Syekh Ali sedang dipasang alat pacu jantungnya,” kata Yusuf Mansur dalam video tersebut sambil menangis.

Selain mengungkap kabar duka, Yusuf Mansur meminta umat Islam untuk melakukan salat ghaib untuk mendoakan Ali Jaber.

Syekh Ali Jaber meninggal di usia 44 tahun. (Twitter.com/infoGRESIK)
Syekh Ali Jaber meninggal di usia 44 tahun. (Twitter.com/infoGRESIK)

Lelaki bernama asli Ali Saleh Mohammed Ali Jaber ini terlahir di Madinah, Saudi Arabia. Dia adalah anak pertama dari 12 bersaudara.

Sejak kecil, dia memang sudah dididik untuk mendalami agama Islam. Pada usia 11 tahun, dia sudah menghafal 30 juz Alquran. Bahkan, dua tahun kemudian Ali sudah didaulat sebagai imam di sebuah masjid di kota kelahirannya.

Hingga level menengah atas (Aliyah), Ali menempuh pendidikan formal di Madinah. Dia kemudian mendalami ilmu tafsir ke sejumlah ulama terkemuka di Arab Saudi.

Syekh Ali Jaber. (Faktualnews)
Syekh Ali Jaber. (Faktualnews)

Ali Jaber mulai berdakwah di Indonesia pada 2008 lalu. Empat tahun kemudian, dia memutuskan menjadi warga negara Indonesia, tepatnya pada 2012. Namanya kemudian semakin naik daun usai menjadi juri pada acara Hafiz Indonesia dan mengisi sejumlah acara televisi bertema kajian agama.

Pada 2008, Ali Jaber menikah dengan perempuan asli Lombok, NTB, bernama Umi Nadia. Mereka kemudian dikaruniai seorang anak bernama Hasan.

Sebelum meninggal, kabar Syekh Ali positif Covid-19 memang sempat viral di berbagai media. Sempat membaik, kondisi Syekh Ali kemudian malah menurun. Namun, dia kemudian sudah dinyatakan negatif, hingga akhirnya tutup usia.

Semoga amal ibadah Syekh Ali Jaber diterima di sisi Allah SWT ya, Millens! (Kom/IB09/E03)