Nama Bandara Kertajati Bisa Diubah Jadi BJ Habibie Kalau Penuhi Syarat Ini

Sepeninggal BJ Habibie, masyarakat beramai-ramain menandatangani petisi yang berisi usulan perubahan nama Bandara Kertajati diganti nama Presiden ke-3 RI. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pun memberikan sinyal positif terkait usulan tersebut.

Nama Bandara Kertajati Bisa Diubah Jadi BJ Habibie Kalau Penuhi Syarat Ini
Tampak depan Bandara Kertajati. (Tribunnews)

Inibaru.id – Beberapa hari ini ramai petisi daring yang berisi usulan pengubahan nama Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Jawa Barat menjadi Bandara BJ Habibie. Hingga Jumat (20/9/2019) siang, petisi ini sudah ditandatangani 823 orang dari target seribu tanda tangan.

Pengubahan ini diajukan sebagai bentuk penghormatan kepada Presiden ke-3 RI atas jasanya dalam memajukan dirgantara Indonesia. Usulan ini pun sudah didengar Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Lewat Instagram pribadinya, lelaki yang akrab disapa Kang Emil itu sempat mengunggah usulan pengubahan nama BIJB Kertajati.

Ketika dikonfirmasi ulang, lelaki yang pernah duduk di kursi Wali Kota Bandung itu memberi respons positif.

“Saya sudah dengar, memang sejalan dengan apa yang saya pikirkan. Hanya butuh proses saja. Saya juga tahu beliau bertemu cintanya di Jabar. Sebelum ke Jerman, sekolah di Jabar, mendirikan IPTN (sekarang PT DI) di Jabar,” ujar Ridwan Kamil seperti ditulis laman JPNN, Rabu (18/9).

Emil pun berencana segera membawa usulan ini ke DPRD.

Sebagai informasi, pengubahan nama bandara bisa dilakukan bila pemerintah daerah dan DPRD setuju. Jika DPRD atau pemerintah daerah tidak memberi izin, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tidak bisa menerbitkan SK perubahan nama bandara meskipun gubernur setempat yang mengajukan pengubahan nama.

Namun, hingga saat ini, Menhub mengaku belum menerima proposal pengubahan nama bandara dari pemerintah Provinsi Jawa Barat.

“Belum ada usulan perubahan nama secara formal,” ujar Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Polana Banguningsih Pramesti dilansir dari Detik, Jumat (20/9/2019).

Kamu setuju nggak Millens dengan usulan ini? (MG28/E04)