Swiss Menang, Empat Pemain Ini yang Dituding Bikin Keok Prancis

Swiss Menang, Empat Pemain Ini yang Dituding Bikin Keok Prancis
Tendangan penalti oleh Mbappe berhasil ditangkis Yann Sommer. (REUTERS/FRANCK FIFE via Pikiran Rakyat)

Dengan kemenangan Swiss, pupus sudah harapan Prancis untuk memboyong Piala Euro 2020. Mereka harus puas dengan skor 4:5. Keempat pemain Prancis ini pun disebut menjadi biang kekalahan.

Inibaru.id – Selasa (29/6) waktu setempat mungkin menjadi momen mengecewakan bagi kesebelasan Prancis. Pasalnya, mereka harus menelan kekalahan atas Swiss pada laga babak 16 besar Euro 2020 di Arena Nationala, Bucharest, Rumania. Skor akhir laga itu adalah 3-3 (4-5).

Prancis berhasil mencetak gol via Benzema (57' & 59') dan Paul Pogba (75'). Sementara itu, gol Swiss dicetak Haris Seferovic (15' & 81') dan Mario Gravanovic (90'). Kemenangan ini pun mengantarkan Swiss ke perempat final berkat menang 4-5 pada babak adu penalti.

Di sisi lain, lenyaplah sudah mimpi Prancis yang hendak menyandingkan trofi Piala Dunia 2018 dengan Euro 2020. Kekecewaan pun melingkupi jajaran pemain, pelatih, dan para pemain Tim Ayam Jago tersebut. 

Selama berlangsungnya pertandingan yang digelar di Stadion Arena Nationala, Bukarest, Rumania itu, ada 4 pemain yang menjadi biang penyebab kekalahan Prancis dari Swiss di fase 16 Besar Euro 2020. Siapa saja ya?

Kylian Mbappe

Penampilan Kylian Mbappe tampak mengecewakan terlepas dari satu asisnya untuk gol Benzema. WhoScored mencatat bahwa penyerang berusia 22 tahun itu melepas enam tembakan, tapi sayang nggak ada satu pun yang akurat.

Salah satu peluang terbaiknya muncul pada menit 109. Sayang beribu sayang, upaya Mbappe untuk mencetak gol dengan memanfaatkan umpan tarik datar Kingsley Coman gagal. Si kulit bundar menyamping ke sisi kiri gawang Swiss.

Mbappe juga menjadi satu-satunya eksekutor Prancis yang gagal menjalankan tugasnya di babak adu penalti. Tendangannya berhasil ditepis Yann Sommer.

Hugo Lloris

Hugo Lloris, kiper Prancis tampak kecewa dengan kekalahan timnya. (AFP/Franck Fife via The Jakarta Post)
Hugo Lloris, kiper Prancis tampak kecewa dengan kekalahan timnya. (AFP/Franck Fife via The Jakarta Post)

Nasib pilu dialami oleh Hugo Lloris yang kebobolan tiga gol pada laga 16 Besar Euro 2020 ini. WhoScored mencatat dia hanya membuat dua penyelamatan.

Salah satu penyelamatan gemilangnya adalah menepis tendangan penalti Ricardo Rodriguez pada waktu normal. Namun, kiper klub Liga Inggris Tottenham Hotspurs FC itu gagal menepis bola di babak tos-tosan.

Clement Lenglet

Sebagai bek tengah, Clement Lenglet nggak tampil maksimal. Dia justru mengecewakan. Yang paling kentara, lelaki berpostur 186 sentimeter tersebut kalah duel udara dengan Seferovic saat gol pertama Swiss tercipta.

Lantaran performa yang buruk inilah Didier Deschamps menariknya keluar di awal babak kedua guna memberi jalan bagi Kingsley Coman.

Moussa Sissoko

Keberadaan Moussa Sissoko di tengah-tengah tim diharapkan dapat memperkuat sisi kanan permainan Prancis. Tapi sayang, gelandang 31 tahun itu nggak tampil mengesankan.

Masuk sejak menit ke-88, kehadiran Sissoko nggak menambah kuat serangan, tidak pula pula memperkokoh pertahanan. Serba salah kan jadinya?

Hm, itulah nama-nama pemain yang katanya menjadi biang kekalahan Prancis atas Swiss, Millens. Kalau kamu tim yang senang Prancis kalah atau kecewa nih? (Kum/IB21/E03)