Sutradara: Joker Bukan Bagian dari DC Universe

Sutradara: <em>Joker</em> Bukan Bagian dari DC Universe
Joker di dalam film Joker. (Splashnews)

Meski diproduksi Warner Bros yang menggarap proyek DC Universe, Sutradara Todd Phillips memastikan film Joker adalah proyek tersendiri. Film yang dibintangi Joaquin Phoenix ini nggak terkait dengan DC Universe.

Inibaru.id – Sutradara film Joker, Todd Phillips menyebut film yang dibintangi Joaquin Phoenix ini nggak termasuk dalam bagian DC Universe. Hal ini diungkap Phillips di dalam sesi tanya jawab di Toronto International Film Festival 2019 pada Jumat (13/9/2019).

Phillips menyebut Joker nggak terkait dengan film Batman yang akan segera tayang. Sebagai informasi, Robert Pattinson akan menjadi Batman baru menggantikan Ben Affleck. Phillips bahkan menganggap Joker sebagai proyek sendiri dari studio Warner Bros.

“Film ini sama sekali nggak ada hubungannya dengan DC Universe. Proses pembuatannya sengaja dibuat nggak berhubungan,” ucap Phillips seperti ditulis laman Kompas, Sabtu (14/9).

Saat mendatangi Warner Bros untuk membuat proyek ini, Phillps menyebut dirinya memang ingin membuat label lain di luar DC Universe. Dia nggak mau hanya membuat satu atau dua film saja.

“Dengan label film sendiri, kami bisa membuat film dengan biaya yang lebih rendah tapi bisa membantu sutradara mendalami karakter dengan lebih baik,” lanjutnya.

Sebelumnya, Phillips juga menyebut bahwa Joker versinya nggak akan dipertemukan dengan Batman versi Robert Pattinson.

Meski baru akan tayang di bioskop di seluruh dunia pada 4 Oktober mendatang, Joker telah diputar di beberapa kali kesempatan, salah satunya di Venice Film Festival 2019. Di festival ini, Joker bahkan mendapatkan standing ovation selama 8 menit dari penonton. Film ini juga menggondol trofi The Golden Lion untuk kategori film terbaik.

Banyak kritikus film yang menganggap Joker bisa menjadi penantang serius bagi kategori film terbaik Oscar 2020. Karakter Joker yang diperankan Phoenix juga mendapatkan banyak pujian.

Melihat banyaknya respons positif dari film Joker, makin nggak sabar untuk menunggu penayangan film ini di Indonesia, ya Millens. (IB09/E04)