Sutradara Film Parasite Jadi Tokoh Paling Berpengaruh di Industri Hiburan Korea

Industri hiburan di Korea Selatan berkembang dengan cepat secara mengglobal. Musik dan filmnya diminati banyak orang. Nggak heran jika penghargaan tokoh industri hiburan Korea menjadi penghargaan yang bernilai karena persaingannya sangat ketat.

Sutradara Film <em>Parasite</em> Jadi Tokoh Paling Berpengaruh di Industri Hiburan Korea
Film Parasite merupakan salah satu masterpiece dari Bong Joon-ho. (AP/Vianney Le Caer)

Inibaru.id – Kantor berita Ilgan Sports merilis daftar 20 tokoh berpengaruh dalam industri hiburan Korea Selatan. Daftar tersebut dirilis dalam rangka hari jadi Ilgan Sports ke-50. Dalam daftar tersebut, sutradara sekaligus penulis film Parasite, Bong Joon-ho dan BTS berada di posisi teratas.

Daftar 20 tokoh berpengaruh dalam industri hiburan Korea Selatan disusun berdasarkan hasil survei kepada 100 orang pelaku industri hiburan Korea. Mereka terdiri atas produser, sutradara, agensi, dan perusahaan produksi.

Hasil survei menempatkan Bong Joon-ho pada posisi pertama dengan 46 poin. Bong Joon-ho merupakan sutradara yang film-filmya telah mendapatkan banyak penghargaan. Beberapa film Bong Jon-ho antara lain Memories of Murder, The Host, Mother, Snowpiercer, Barking Dogs Never Bite, dan Parasite.

Selain Bong Joon-ho, posisi pertama juga ditempati penyayi pop senior Cho Yong-pil. Semenjak debut pada 1968, Cho Yong-pil sudah merilis 19 album solo yang popular dan memengaruhi perkembangan musik pop di Korea.

Posisi kedua ditempati BTS dan Seo Tae-ji dengan 40 poin. Sebelum ini, BTS sempat menempati puncak tangga lagu Billboard sebanyak tiga kali. Prestasi tersebut sama dengan yang diraih kelompok musik legendaris The Beatles. Sementara Seo Tae-ji merupakan seorang penyanyi dan penulis lagu yang sempat memiliki boyband bernama Seo Tae-ji and Boys. Kini, Seo Tae-ji memiliki agensi bernama Nell dan Pia.

Bong Joon-ho, Cho Yong-pil, BTS, dan Seo Tae-ji berhasil unggul dari Lee Soo-man, Na Yeoung-seok, Kim Soo-hyun, Kim Eun Sook, Song Kang-ho, dan tokoh hiburan Korea Selatan lainnya.

Wah, semoga gelar sebagai orang berpengaruh ini bisa memacu mereka untuk makin produktif, ya, Millens. (MG28/E04)