Susu dan Teh Lebih Menghidrasi Ketimbang Air Putih?

Selama ini banyak orang mengira air putih merupakan air minum yang paling menghidrasi di antara minuman lainnya. Tapi American Journal of Clinical Nutrition yang terbit 2015 menunjukkan hasil yang mengejutkan. Ternyata air putih bukan pilihan terbaik untuk menghidrasi tubuh, lo.

Susu dan Teh Lebih Menghidrasi Ketimbang Air Putih?
Meski kalah mengdehirasi dari susu dan teh, tapi air putih lebih menyehatkan. (foodsforbetterhealth)

Inibaru.id – Peneliti membandingkan efek hidrasi jangka pendek dengan mengkonsumsi beberapa jenis minuman yaitu air putih, susu, teh, bir, dan beberapa minuman yang diformulasikan khusus.

Nah, berdasarkan analisis urin yang terkumpul dari beberapa peserta, peneliti menyimpulkan beberapa minuman yaitu teh, susu, dan jus jeruk memiliki efek lebih menghidrasi tubuh dibanding air putih Millens.

Saat seseorang mengalami dehidrasi, tubuh akan mengalami kelelahan dan daya tahan tubuh melemah. Nggak hanya itu, dehidrasi ringan juga dapat menganggu konsentrasi.

Meski demikian peneliti nggak menyarankan untuk mengkonsumsi susu dan teh sebagai ganti air putih. Justru mereka menegaskan jika air putih sangat berperan penting untuk kesehatan dibanding susu, teh, dan jus jeruk.

Mengkonsumsi air putih dengan asam amino, lemak, dan mineral dapat membantu tubuh untuk mengambil dan mempertahankan lebih banyak H2O. Nggak hanya itu, mengkonsumsi air putih secara teratur dan dalam jumlah banyak juga dapat membersihkan racun pada tubuh dan bahan yang nggak diinginkan.

National Academy of Medicine merekomendasikan agar pria maupun wanita dewasa mengkonsumsi minum 2,6 hingga 3,6 liter seharinya. Kalau kamu termasuk orang yang doyan air putih nggak nih? (IB30/E05)