Wisatawan Penunggang Hiu Paus Diamankan

Wisatawan Penunggang Hiu Paus Diamankan
Sekelompok wisatawan menunggangi hiu paus. (Medcom.id)

Para pelaku yang menunggangi hiu paus dalam video yang tersebar di masyarakat sudah ditangkap. Mereka ditangkap karena menyalahi aturan sebagai wisatawan.

Inibaru.id - Video yang memperlihatkan beberapa penyelam yang diketahui adalah wisatawan tengah mengganggu hiu paus di Teluk Cendrawasih, Papua Barat viral di media sosial. Dalam video itu, para penyelam terlihat memegang dan menunggangi seekor hiu paus. Lantaran perbuatan itu nggak sesuai aturan, para penyelam ini pun diamankan.

Metrotvnews.com, Selasa (14/8/2018), menulis, video itu kali pertama diunggah oleh Kaka "Slank" melalui akun Twitternya @fishGOD pada Kamis (9/8) lalu. Dalam unggahannya, Kaka menandai Twitter Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pudjiastuti dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya seraya melaporkan kejadian ini.

Usai video tersebut menyebar luas, polisi langsung bergerak untuk menangkap pelaku atas laporan dari Menteri Susi. Dia mengungkapkan video tersebut sudah diketahui Pandu Laut Nusantara dan langsung dilaporkan ke pihak berwajib.

"Itu sudah ditangani dan pelakunya sudah ditangkap. Kebetulan, Bu Tito (istri Kapolri Jenderal Tito Karnavian) juga merupakan anggota Pandu Laut sehingga keluhan soal ini sudah disampaikan dan langsung diproses kepolisian," ujar Susi.

Penangkapan itu dinilai sudah sepantasnya didapatkan para penyelam karena mereka telah melanggar peraturan konservasi dan keanekaragaman hayati. Selain menyalahi aturan, apa yang telah mereka lakukan juga membahayakan diri mereka.

Setiap tempat pasti memiliki aturan yang berlaku, apalagi tempat wisata. Jadi, alangkah baiknya bila kamu menaati aturan itu, Millens. So, jadilah wisatawan yang cerdas dan taat aturan ya. (IB13/E04)