Susah Kering? Begini Tips Agar Cucianmu Nggak Bau Apek di Musim Hujan

Susah Kering? Begini Tips Agar Cucianmu Nggak Bau Apek di Musim Hujan
Tips jemur pakaian saat musim hujan. (Shutterstock)

Minimnya sinar matahari pada musim hujan bikin cucian susah kering dan nggak bau apek. Untuk menyiasatinya, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

Inibaru.id – Saat ini Indonesia sedang memasuki musim penghujan. Cahaya matahari yang minim di musim hujan berakibat pada cucian yang susah kering. Meskipun kamu mencuci pakaian menggunakan mesin cuci yang dilengkapi alat pengering ternyata, nggak cukup untuk mengusir bau apek kalau nggak dijemur di bawah sinar matahari langsung lo.

Melansir Kumparan (3/12/18), berikut tips yang dapat kamu lakukan agar cucian nggak apek meski dijemur tanpa matahari. Simak, yuk.

Pisah Jenis Baju Berdasarkan Tingkat Kotornya

Pisahkan pakaian berdasarkan ttingkat kotornya. (Instagram/ Deterjencairpremium)

Sebelum mencuci, jangan langsung mencampur semua jenis pakaian ke dalam satu wadah atau mesin cuci, ya. Hal ini dilakukan agar bau, kotoran dan kuman nggak menyebar bahkan menempel ke baju-baju yang lain. Pisahkan baju sesuai dengan tingkat bau dan kekotorannya ya, Millens!

Dikucek sampai Bersih

Kucek sampai bersih ya cucianmu. (Instagram/ Noel_store)

Pastikan kamu mengucek atau menggilas cucian dengan papan atau mesin cuci dengan benar dan sampai bersih, sehingga keinginanmu untuk memiliki baju yang bersih dan wangi dapat terwujud.

Hilangkan Zat Deterjen saat Dibilas

Pastikan membilas cucianmu sampai bersih. (Instagram/ Yaslaundry)

Jika busa atau zat deterjen masih ada di serat pakaian, kemungkinan besar pakaianmu akan bau jika nggak langsung dijemur di bawah sinar matahari. Usahakan pada proses pembilasan, cucianmu bebas dari deterjen yang digunakan sebelumnya ya, Millens.

Gunakan Pewangi Pakaian

Gunakan pewangi pakaian favoritmu. ( Instagram/ Yaslaundry)

Setelah dibilas, rendam bajumu dengan pewangi pakaian favoritmu supaya wewangian dapat diserap kendati pakaianmu nggak dijemur dibawah sinar matahari langsung.

Jemur Pakaian di Tempat Terbuka dan Terhembuskan Angin

Jangan jemur pakaian di tempat yang tertutup. (Ilustrasi/ Blog Bukalapak)

Langkah terakhir yakni menjemur. Sebelum menjemur, perah dulu pakaian yang sudah kamu beri pewangi. Jangan menjemur di ruangan yang lembab atau kedap udara, ya. Pastikan terdapat saluran udara dan hindari menumpuk cucian.

Nah, sekarang mulai buru pakaian kotormu dan cuci ya, Millens! (IB24/E06)