Susah BAB di Bulan Puasa? Yuk Cegah dengan Makanan Ini

Susah BAB di Bulan Puasa? Yuk Cegah dengan Makanan Ini
Ilustrasi. (Istimewa)

Menurunnya asupan cairan di bulan puasa bisa menyebabkan datangnya masalah susah buang air besar (BAB). Demi mencegahnya, yuk rajin-rajin makan makanan berikut ini.

Inibaru.id - Banyak orang yang mengeluhkan susah buang air besar (BAB) di bulan puasa. Ada banyak faktor yang menjadi penyebabnya. Selain karena berkurangnya asupan cairan, kebiasaan makan yang kurang serat saat berbuka dan sahur juga bisa menjadi pemicunya.

Melihat fakta ini, kamu harus lebih cermat menjaga pola makan agar nggak mudah mengalami gangguan pencernaan saat puasa. Berikut adalah beberapa makanan tinggi serat untuk mencegah susah BAB.

Oatmeal

Oatmeal. (GettyImages)
Oatmeal. (GettyImages)

Oatmeal bisa dijadikan menu berbuka maupun sahur yang praktis dan sehat. Hal tersebut dikarenakan oleh rasanya yang enak dan mudahnya oatmeal dibuat. kandungan serat di dalamnya ternyata  tinggi. Keberadaan serat inilah yang bisa mencegah datangnya masalah susah buang air besar. Selain itu, oatmeal mengandung serat beta glucan yang berfungsi sebagai pelepas hormon yang mmbuat perut kenyang lebih lama.

Tempe

Tempe. (Masbroo.com)
Tempe. (Masbroo.com)

Ternyata tempe bisa menjadi pilihan yang nikmat untuk melancarkan BAB lo, Millens. Makanan fermentasi khas Indonesia ini mengandung probiotik yang berfungsi sebagai bakteri baik di usus. Jika jumlah probiotik dalam ususmu banyak, maka sistem pencernaan pun akan semakin lancar dan kamu pun akan terhindar dari sembelit.

Kiwi

Kiwi. (Healthline)
Kiwi. (Healthline)

Hanya dengan mengonsumsi secangkir buah kiwi, kamu sudah mendapatkan 5,4 gram serat lo, Millens. Nggak heran kalau serat dalam buah tropis ini dipercaya dapat menyembuhkan sembelit, wasir, serta untuk mengatasi masalah susah BAB.

Yoghurt

Ilustrasi yoghurt. (Shutterstock)
Ilustrasi yoghurt. (Shutterstock)

Kandungan probiotik pada yoghurt ternyata bisa membantu sistem pencernaan menjadi semakin sehat. Kandungan seratnya juga cukup tinggi sehingga bisa mencegah datangnya BAB. pakar kesehatan menyarankan kamu untuk rutin mengonsumsinya sebelum tidur.

Acar

Acar. (Veroathome.com)
Acar. (Veroathome.com)

Acar memiliki rasa asam karena proses pembuatannya yang melibatkan fermentasi. Proses inilah yang kemudian membuatnya memiliki kandungan probiotik. Kandungan ini bisa menyehatkan pencernaan sekaligus mencegah sembelit.

Buah Naga

Buah Naga. (Shutterstock)
Buah Naga. (Shutterstock)

Buah naga tinggi kandungan probiotik yang bisa mendorong pertumbuhan bakteri baik. Semakin meningkat bakteri baik, semakin sehat pencernaan. Hal ini tentu bisa mengatasi masalah susah BAB di bulan puasa.

Kurma

Kurma. (Organicfacts)
Kurma. (Organicfacts)

Kurma yang sering dijadikan menu berbuka puasa ini ternyata tinggi kandungan serat, lo. Keberadaan serat inilah yang bisa mengatasi masalah susah BAB. Rasa manis dari kurma juga bisa mengembalikan energi tubuh yang hilang selama berpuasa.

Sejauh ini, apakah kamu mengalami gangguan pencernaan saat berpuasa? Selalu jaga kondisi tubuh agar tetap fit, ya Millens. (Kum/IB24/E07)