Suporter Rusuh, FA Malaysia akan Laporkan Indonesia ke FIFA

Suporter Rusuh, FA Malaysia akan Laporkan Indonesia ke FIFA
Kerusuhan suporter Indonesia vs Malaysia pada laga Kamis (5/9/2019 di Gelora Bung Karno. (Twitter/labiebsadat)

Kerusuhan suporter usai pertandingan antara Indonesia dan Malaysia di Stadion Gelora Bung Karno menjadi catatan tersendiri bagiMenpora Malaysia Syed Saddiq. Dia menyebut FAM akan melaporkan hal ini ke FIFA.

Inibaru.id – Tensi panas pertandingan babak Kualifikasi Piala Dunia 2020 Grup G Zona Asia antara Indonesia dan Malaysia membuat laga ini berakhir dengan kerusuhan suporter. Pertandingan yang berlangsung pada Kamis (5/9/2019) di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta itu bahkan sempat dihentikan sementara pada menit ke-72 akibat hal ini.

Federasi Sepakbola Malaysia (FAM) menanggapi kejadian ini dengan melaporkan kericuhan tersebut ke FIFA. Hal ini diungkap langsung Menpora Malaysia Syed Saddiq di akun Instagram pribadinya.

Saya diberitahu FAM bahwa mereka akan membuat aduan resmi ke FIFA. Saya juga akan membuat laporan resmi ke Pemerintah Indonesia,” tulisnya.

Saddiq juga mengunggah video yang menunjukkan dirinya dan pendukung timnas Malaysia sedang menyaksikan laga yang dimenangi Malaysia dengan skor 2-3 ini di tribun penonton. Saddiq menyebut suporter tuan rumah memberikan perlakuan buruk layaknya melemparkan bom asap hingga botol minuman.

Bahkan, hingga pertandingan berakhir, Saddiq dan pendukung timnas Malaysia sampai terjebak di dalam stadion dalam waktu yang cukup lama. Hal ini lantaran adanya kericuhan di dalam ataupun di luar stadion.

“Kekerasan nggak bisa diterima dengan cara apapun. Saya memprioritaskan keselamatan pemain dan suporter,” lanjutnya.

Menpora Indonesia Imam Nahrawi mengaku akan bertemu dengan Saddiq di Jakarta pagi ini, Jumat (6/9) untuk meminta maaf sekaligus memberikan respons terkait dengan kericuhan dalam pertandingan semalam.

Kerusuhan berlangsung cukup parah sehingga membuat aparat kepolisian sampai menembakkan gas air mata usai pertandingan. Selain itu, seorang suporter tim tamu diketahui terluka dan langsung dirawat petugas medis akibat hal ini.

Meskipun Timnas kalah dan ada isu provokasi dari suporter Malaysia sebelumnya, kerusuhan seperti ini sama sekali nggak bisa dibenarkan, ya Millens. Yuk, jadi suporter yang bijak! (IB09/E04)