Super-Spreader dan Tempat-Tempat Paling Berisiko Sebarkan Covid-19 Secara Masif

Super-Spreader dan Tempat-Tempat Paling Berisiko Sebarkan Covid-19 Secara Masif
Ilustrasi: Pabrik bisa menjadi tempat penyebaran Covid-19 yang harus diwaspadai. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Semakin hari angka penderita Covid-19 terus bertambah. Karena itu, sebaiknya lindungi diri kamu dan keluarga dengan nggak melakukan aktivitas di tempat yang memiliki risiko bertemu super-spreader.

Inibaru.id - Penyebaran virus corona masih tinggi terutama dengan adanya super-spreader. Super-spreader merupakan istilah yang dipakai untuk menyebut orang yang nggak sengaja menginfeksi lebih banyak orang.

Seseorang yang dengan kehadirannya dapat langsung menyebarkan Covid-19 kepada 10 orang atau lebih dalam sekali waktu disebut super-spreader. Lalu, di mana para super-spreader ini? Ada beberapa tempat yang mempunyai risiko tinggi, antara lain pabrik, penjara, klub malam, dan bar.

Tempat-tempat itu mengharuskan orang-orang saling berdekatan dan tanpa dilengkapi ventilasi yang baik. Nggak heran jika virus dapat menyebar dengan sangat cepat.

Kalau menurut analisis dari London School of Hygiene and Tropical Medicine, tempat seperti pantijompo, tempat ibadah, tempat kerja, pesta pernikahan, acara olahraga, dan konferensi, juga berisiko tinggi menyebarkan Covid-19.

Cuci tangan sesering mungkin ya, Millens. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)
Cuci tangan sesering mungkin ya, Millens. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Bukan cuma jenis tempat yang harus kamu hindari, kondisi lingkungan juga turut menyumbang potensi penyebaran. Untuk sekarang ini, pikir ulang ya kalau kamu mendatangi tempat dengan ruangan tertutup, banyak orang yang berdekatan, ventilasi yang buruk, dan lingkungan yang relatif dingin.

Hal yang perlu kamu pertimbangkan adalah belum tentu orang-orang di sekitarmu bebas penyakit akut atau memiliki sistem imun yang baik. Eh, tahu nggak kalau ada sekitar 10 persen orang yang dianggap bertanggung jawab atas 80 persen kasus baru di awal pandemi. Ngeri kan?

Langkah yang bisa kamu terapkan untuk mencegah penyebaran virus mematikan ini adalah dengan menghindari ruangan tertutup, berventilasi buruk, dan tempat ramai sehingga orang-orang berdekatan.

Ingat, ini bukan soal keselamatan diri sendiri ya, tapi juga orang-orang yang kita cintai. Setuju, Millens? (fim/IB21/E03)