Spektakuler! JiFolk di Kabupaten Temanggung Hadirkan Pertunjukan Tari Internasional

Spektakuler! JiFolk di Kabupaten Temanggung Hadirkan Pertunjukan Tari Internasional
Salah satu penampilan peserta JiFolk 2019. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Festival Sindoro Sumbing yang digelar sejak 9 Juni lalu, kini mencapai puncaknya di Kabupaten Temanggung. Berjuluk JiFolk, acara ini menampilkan pertunjukan tari bertaraf internasional yang diikuti oleh 11 kota dan 11 negara. Gimana keseruannya?

Inibaru.id - Pemerintah Kabupaten Temanggung sukses menggelar Java Internasional Folklore Festival (JiFolk) 2019, Jumat (12/7). Festival ini merupakan rangkaian dari Festival Sindoro Sumbing yang sudah berlangsung sejak 9 juni 2019 lalu.


Penari menggunakan kostum Hanoman. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Gelaran kali ini merupakan folklor pertunjukan seni dan kebudayaan yang menampilkan 11 kesenian dari 11 negara. Jika ditotal, ada 500 seniman yang tampil. Dalam pertunjukan hari pertama ini, JiFolk menampilkan 5 tarian dari daerah yang berbeda. Di antaranya adalah soreng, jaran kepang, kethek ogleng, barong, dan kubro.

Bupati Temanggung Muhammad Al Khadziq menuturkan acara ini merupakan strategi Pemerintah Daerah untuk mendorong gairah kreativitas dan seni masyarakat Kabupaten Temanggung tanpa meninggalkan akar tradisi masyarakat. "Acara ini bermaksud membuka era baru Kabupaten Temanggung yang modern dan mampu bersaing dengan kabupaten lain dalam penyelenggaraan seni budaya sebagai penunjang kegiatan kepariwisataan," tambahnya.

Penampil menampilkan tari Bali. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Benar saja, acara yang akan diselenggarakan selama tiga hari ini mampu menyedot perhagian warga Kabupaten Temanggung dan sekitarnya. Meski acara baru dimulai pukul 20.00 WIB, ribuan orang sudah memadati Alun Alun Temanggung yang sejak sore hari lo.

Acara ini nampak seperti hiburan tradisional yang dikemas dalam pertunjukan megah bertaraf Internasional. Super-spektakuler, bikin siapa saja berdecak kagum! Aditya, pemuda asal Temanggung rela menunggu hingga acara usai. "Dekorasi dan pengisi acaranya bagus, kedepannya semoga bisa dilanjutkan," tuturnya.

Buatmu yang belum sempat menonton, yuk langsung cus ke Alun-Alun Temanggung. Acara ini akan berlangsung hingga besok Minggu (14/7). Jangan sampai ketinggalan ya, Millens! (Zulfa Anisah/E05)