Supaya Tetap Awet, Ini Cara Mencuci Bahan Sifon yang Tepat

Supaya Tetap Awet, Ini Cara Mencuci Bahan Sifon yang Tepat
Rawat pakain berbahan sifon dengan benar agar awet. (Unsplash)

Kain sifon yang lembut sering ditemui dipakai untuk beberapa mode pakaian dari rok, blus, hingga kerudung. Perawatan kain sifon yang benar akan membuatnya lebih awet dan dapat dikenakan untuk beragam aktivitas apapun.

Inibaru.id - Kaum hawa memiliki gaya berbusana yang beragam. Padu padan pakaian yang dikenakan pun sangat banyak pilihan, satu di antaranya sifon (chiffon). Banyaknya pilihan tersebut juga punya cara perawatan yang berbeda-beda lo.

Kain sifon merupakan jenis kain yang memiliki tekstur lembut dan ringan dipakai. Dengan perawatan, pencucian, dan penyimpan yang benar akan membuat sifon kamu awet. Melansir IDN Times, Jumat (13/12/19), berikut cara mencuci kain sifon yang direkomendasikan.

Pilah Satu Warna

Pilah pakaian berbahan sifon dengan bahan jenis kain lain. (Femina.hu)

Selain lembut, sifat kain sifon juga gampang menyerap warna. Langkah awal mencuci pakaian sifon yang benar dengan memisahkannya dengan jenis kain lain. Termasuk warna lain untuk kain berbahan sifon sendiri. Cucilah sifon hanya dengan warna yang senada saja.

Rendam Sifon

Punya Koleksi Pakaian Berbahan Sifon, Begini Cara Mencuci yang Benar

Kucek dengan lembut menggunakan tangan. (Zappos)

Usai memilah kain sifon hanya dengan warna sejenis, tahap berikutnya merendam kain sifon dengan air yang cukup. Pastikan kain sifonmu dapat telah menyerap air secara keseluruhan agar proses pencucian selanjutnya lebih mudah.

Pakai Deterjen

Gunakan deterjen dengan kadar cukup. (Free Digital Photos)

Deterjen jenis bubuk atau cair sama-sama bisa kamu gunakan untuk mencuci sifon. Konsentrat yang dimiliki memang beda tapi fungsinya sama membersihkan kotoran. Kuncinya gunakan dengan kadar yang sesuai alias nggak berlebihkan ketika menuang deterjen. Langkah ini untuk menjaga agar serta sifon kamu nggak mudah pudar dan tetap terjaga.

Kucek dengan Tangan

Agar Tidak Kram Otot, Hindari Ini Saat Mencuci Baju (birdbyb-stockphoto/Shutterstock)

Kucek dengan tangan. (Shutterstock)

Tahap selanjutnya setelah kain sifon menyerap air deterjen, cucilah menggunakan tangan. Memamakai mesin cuci memang nggak dilarang, tapi nggak disarankan. Sebab kain sifon yang lembut perlu tangan lembutmu pula, kain sifon nggak boleh dikucek terlalu keras ya, Millens!

Jangan Pakai Pengering

Hindari menjemur di bawah sinar matahari langsung. (Foto: Pexels)

Jemur di tempat dengan pencahayaan cukup. (Pexels)

Setelah dikucek, peras dengan tangan dan bilaslah dengan air bersih. Sifon nggak disarankan dikeringkan menggunakan mesin pengering.  Hal ini penting agar kain sifon kesayanganmu seratnya tetap terjaga dan nggak gampang melar. Caranya dengan menggantung dan diangin-anginkan dengan pencahayaan yang cukup dari matahari.

Dengan ncara yang benar, kain sifonmu bakal awet Millens! (MG26/E06)

baca juga: Saya Ketemu Didi Kempot di Balik Panggung, Dapat Wejangan Apa?

Tags : #Kain #Sifon