Ingin Tas Kulitmu Tetap Mengkilap Seperti Baru? Begini Cara Merawatnya

Memiliki tas yang selalu mengkilap dan terlihat baru adalah suatu kebahagiaan tersendiri. Nah, supaya tas kulitmu terlihat mengkilap, tentu kamu harus telaten merawatnya dengan cara-cara berikut.

Ingin Tas Kulitmu Tetap Mengkilap Seperti Baru? Begini Cara Merawatnya
Tas Kulit. (WowKeren)

Inibaru.id - Tas merupakan salah satu barang yang sering digunakan seperti untuk bekerja, sekolah, atau main bersama teman. Karena sering digunakan, tentu tas harus terlihat menarik dan mengkilap untuk menyempurnakan penampilan kamu, terlebih bila yang tasmu berbahan kulit.

Yuk, simak cara merawat tas kulit supaya tetap mengkilap dan terlihat seperti baru!

Membersihkan Tas Kulit dari Jamur dan Kotoran.

Membersihkam tas kulit menggunakan spons. (Futureloka)

Karena sering dibawa ke luar rumah dan diletakkan di tempat yang cenderung kotor, tas kulit akan sangat mudah terkena kotoran. Laman Futureloka (18/9/2017) menulis, kamu bisa menggunakan sabun berbahan lembut seperti sabun muka atau bahan alami seperti cuka, air perasan lemon, dan minyak zaitun untuk membersihkan bahan kulit.

Usahakan mengelap tas kulit mengikuti alur serat bahannya. Ingat, jangan langsung tuangkan pembersih pada noda, karena hal tersebut dapat membuat area yang bernoda menjadi terlalu basah. Lebih baik tuangkan pembersih ke spons atau kain microfiber terlebih dahulu. Kamu juga nggak disarakan memakai tisu atau kapas untuk membersihkan bahan kulit.

Menghindarkan dari Jamur

Penyimpanan tas. (Rumah)

Menyimpan tas kulit dalam ruangan tertutup dan ber-AC membuat jamur mudah tumbuh dan menyerang tas kulitmu. Selain membuat tampilan tas menjadi nggak menarik, jamur juga membuat tas kulit menghasilkan bau nggak sedap.

Supaya nggak mudah berjamur, rutin periksa tas kulitmu minimal tiap dua minggu sekali serta gantung tas di luar ruangan selama beberapa jam. Hindarkan tas dari paparan sinar matahari langsung.

Setelah selesai digantung, simpan kembali tas kulit ke dalam tas kain, jangan lupa masukan silica gel supaya furing dalam tas juga nggak berjamur.

Hindarkan dari Plastik, Kotoran, dan Paparan Sinar Matahari secara Langsung

Hasil gambar untuk tas kulit dari sinar

Menghindarkan tas kulit dari paparan sinar matahari langsung. (BP guide)

Jika terlalu sering digunakan dan nggak dirawat, tas kulit tentu akan terlihat lusuh dan kusam. Nah, supaya tetap bagus dan mengkilap, kamu harus menghindarkan tas dari penyebab kerusakannya. Jauhkan tas dari plastik, air serta kotoran. Jika sudah nggak dipakai, lebih baik langsung simpan saja tasmu.

Selain itu, hindarkan tas kulit dari paparan sinar matahari langsung. Hal tersebut karena sinar matahari menjadi salah satu penyebab rusaknya permukaan kulit. Ketika terlalu lama terpapar sinar matahari, tas kulit akan cepat mengelupas, kusam, dan warnanya memudar.

Nah, untuk terlihat lebih mengkilap, kamu dapat memoles tas dengan minyak zaitun sebelum digunakan.

Sobat Millens yang memiliki permasalahan seputar tas kulit berjamur, cara tersebut semoga bisa jadi solusinya. Selamat mencoba! (IB18/E04)