Supaya Nggak Tertipu, Perhatikan Hal Ini Saat Memilih Buah Durian

Supaya Nggak Tertipu, Perhatikan Hal Ini Saat Memilih Buah Durian
Durian. (Gala Media)

Berniat membeli durian? Jangan asal membeli ya, Millens. Perhatikanlah ciri-ciri durian yang matang dan berkualitas dari beberapa hal ini.

Inibaru.id - Memilih durian yang berkualitas bagus memang gampang-gampang susah. Diperlukan kecermatan untuk mengetahui durian mana yang lezat. Jika sudah terbiasa membeli durian cara memilihnya pun jadi lebih mudah.

Melansir Tempo, Jumat (21/12/19), bagi kamu yang belum paham cara memilih durian, berikut beberapa tips yang perlu kamu perhatikan.

Bentuk Durian

Pilih yang bentuknya bulat. (Tripzilla)

Pilihlah durian yang bentuknya bulat penuh. Ini bisa menjadi jaminan adanya daging durian di setiap ruasnya. Jika kamu menemukan bentuk durian yang melengkung di bagian ujungnya, berarti bagian tersebut nggak ada isinya.

Aroma Durian

Perhatikan aroma durian. (Asiaone)

Durian yang memiliki aroma khas akan langsung masuk ke sensor hidung ketika kamu mendekatinya di tempat penjual durian. Lalu bagaimana cara membedakan durian itu aromanya lebih baik dari yang lain? Cukup ambil salah satu dan jauhkan dengan kumpulan durian lainnya. Cium aromanya, jika mengeluarkan bau yang khas berarti sudah matang.

Tangkai Durian

Durians, known as the "King of Fruit" are a polarizing delicacy across Southeast Asia. One variety has reportedly gone on sale for almost $1000 in Indonesia.

Perhatikan tangkainya. (Edition.cnn)

Mengamati tangkai durian, kamu bakal tahu buah tersebut hasil matang dari pohon atau nggak. Jika tangkai pohon ada bekas potongan pisau, ini jadi indikasi buah tersebut nggak matang pohon. Tangkai durian yang matang pohon lebih kasar dan ketika dijilat rasanya manis.

Perhatikan Durinya

Perhatikan durinya. (Kampustani)

Duri durian yang jarang-jarang bisa jadi indikasi buah di dalamnya telah padat. Sebaliknya, jika kamu menemukan ada duri kulit yang letaknya rapat, itu berarti belum matang.

Menepuk Buah Durian

Article image

Menepuk kulit. (Alamy)

Mungkin kamu pernah melihat ada penjual durian yang suka menepuk kulit durian menggunakan pisau. Jika durian mengeluarkan bunyi "buk-buk-buk" itu cara penjual membuktikan jika durian yang dipegangnya matang. Ada perekahan di dalam dan durian siap untuk dibelah.

Sudah siap berburu durian belum, Millens? Mumpung lagi musim nih! (MG26/E06)