Supaya Manfaatnya Nggak Hilang, Begini Cara Mengeringkan Bunga Telang yang Tepat

Supaya Manfaatnya Nggak Hilang, Begini Cara Mengeringkan Bunga Telang yang Tepat
Bagaimana pengeringan bunga telang yang tepat? (MSN)

Bunga telang dikenal dengan segudang manfaatnya. Agar lebih awet, bunga telang biasanya diawetkan dengan cara dikeringkan. Lalu gimana sih cara tepat untuk mengeringkannya?

Inibaru.id – Bunga telang tengah menjadi tanaman favorit masyarakat mengingat fungsinya yang beragam. Selain bermanfaat, tanaman ini juga mudah dibudidayakan dan diolah sendiri. Biasanya, bunga telang dimanfaatkan untuk dijadikan teh.

Meskipun banyak yang mengkonsumsi bunga telang dalam keadaan segar, namun bunga telang kering bisa tahan lebih lama untuk dijadikan campuran berbagai makanan dan minuman lo. Untuk itu proses pengeringan bunga telang ini harus dipastikan prosesnya benar supaya kandungannya tetap terjaga.

Bunga telang biasa dimanfaatkan karena warnanya yang cantik. Dalam makanan, bunga telang biasanya digunakan sebagai pewarna. Sedangkan dalam minuman, bunga telang punya aroma yang khas dan warnanya yang unik.

Cara Mengeringkan Bunga Telang

Nah berikut ini adalah teknik pengeringan bunga telang dengan tepat.

Pengeringan dengan Sinar Matahari

Jemur di bawah sinar matahari. (Radar Tulungagung)
Jemur di bawah sinar matahari. (Radar Tulungagung)

Teknik alami ini merupakan cara termudah untuk mengawetkan bunga dengan nama ilmiah Clitoria ternatea ini. Bunga telang yang telah dipetik kemudian dicuci bersih dengan air mengalir dan ditiriskan dengan meletakkannya di atas kertas atau tisu penyerap cairan.

Selanjutnya jemur bunga telah di bawah sinar matahari dengan menghamparkannya satu per satu sehingga nggak menumpuk. Hal ini akan mencegah timbulnya jamur yang dapat menyebabkan hilangnya manfaat bunga telang.

Penjemuran ini dilakukan selama dua hari. yang perlu diingat, penjemuran hanya dilakukan hingga maksimal pukul 12.00. Lewat dari tengah hari, dikhawatirkan sinar matahari dapat merusak kandungan dalam bunga telang.

Pengeringan dengan Oven

Menata bunga telang sebelum diven. (Radar Tulungagung)
Menata bunga telang sebelum diven. (Radar Tulungagung)

Pengeringan dengan teknik ini memudahkanmu terutama di musim hujan seperti sekarang ini. Teknik ini juga cocok buatmu yang nggak punya waktu banyak di rumah. Pilih kuntum utuh untuk diproses dengan menggunakan oven.

Cuci bersih bunga yang sudah dipilih dengan air mengalir lalu panggang dalam suhu oven 50 derajat Celsius. Untuk hasil terbaik, proses pemanggangan sebaiknya dilakukan selama dua jam. Angin-anginkan bunga telang kering sebelum disimpan.

Baik dijemur atau dioven, bunga telang kering sebaiknya segera disimpan dalam wadah yang tertutup dan kedap udara. Namun untuk memastikan kualitasnya tetap terjaga, segera habiskan dan jangan disimpan terlalu lama ya, Millens!

Kini bunga telang kering cocok dihidangkan sebagai teh. Seduh bunga telang kering menggunakan air panas. Bisa juga ditambahkan madu serta perasan lemon jika kamu pengin menjajal sensasi lain. Tertarik mencobanya, Millens? (Kom/IB27/E05)