Sumur Neraka Yaman Dimasuki Peneliti, Isinya Menyeramkan Nggak, Ya?

Sumur Neraka Yaman Dimasuki Peneliti, Isinya Menyeramkan Nggak, Ya?
Sumur neraka Yaman. Mitosnya cukup mengerikan sehingga masyarakat setempat nggak berani mendekatinya. (alarabiya.net/AFP)

Julukan Sumur Marhout di Yaman ini lumayan seram, yakni sumur neraka. Bahkan, sumur ini dikenal sebagai penjara jin sehingga warga sekitar nggak berani mendekatinya. Nah, para peneliti justru masuk ke dalamnya. Apa saja ya yang mereka temukan di sana?

Inibaru.id – Menilik namanya saja, kamu pasti sudah bergidik saat mendengar Sumur Neraka Yaman. Sebenarnya sih, ya, sumur ini nggak benar-benar terkait dengan inti bumi yang isinya lahar atau bahkan negara. Julukannya saja yang kebetulan adalah sumur neraka.

Menariknya, sumur ini sebenarnya adalah sebuah sink hole alias tanah yang berlubang karena longsor bawah tanah. Nama aslinya adalah Sumur Barhout yang berlokasi di tengah gurun, Provinsi Al Mahra, Yaman Timur. Meski namanya sumur, lebarnya mencapai 30 meter lo. Kedalamannya juga nggak main-main, yakni 112 meter!

Lantas, kok bisa julukannya sumur neraka? Ada yang menyebut sumur ini usianya sudah jutaan tahun. Lokasinya yang nggak biasa, ditambah dengan kedalamannya yang membuat dasar sumur seperti gelap dan nggak terlihat membuat warga Yaman menyebutnya sebagai penjara jin. Bahkan, ada mitos yang menyebut orang-orang yang berani mendekat sumur ini bakal tersedot masuk dan nggak bakal bisa keluar!

Nah, di zaman modern ini, ternyata ada peneliti yang tertarik untuk mengetahui bagian dalam sumur neraka. Mereka adalah tim ekspedisi gua yang berasal dari negara tetangga, Oman. Tim inilah yang jadi orang-orang pertama yang masuk ke dalamnya. Salah satu anggota tim ini adalah Mohammad Al Kindi.

Begitu sampai di dasar sumur, Al Kindi dan rekan-rekannya justru menemukan mata air murni. Hal ini sangat mengejutkan karena di atas sumur adalah gurun pasir yang kering, tandus, dan panas. Saking murninya mata air ini, tim ekspedisi bahkan berani meminumnya langsung dan nggak mengalami efek samping apapun.

Tim ekspedisi dari Oman memasuki sumur neraka Yaman dengan kedalaman 112 meter. (indiatoday/AFP)
Tim ekspedisi dari Oman memasuki sumur neraka Yaman dengan kedalaman 112 meter. (indiatoday/AFP)

Menariknya, di dinding sumur bagian dalam, tepatnya di kedalaman 65 meter, ada semacam lubang yang memancarkan air sehingga membuat air terjun kecil. Yang lebih dahsyat, ada semacam endapan kalsium karonat konsentris di bagian bawah air terjun tersebut yang seperti memancarkan cahaya. Hal ini pun membuat Al Kindi dan rekan-rekannya terkesima.

Di dalam gua juga ada sejumlah stalagmit dengan ketinggian beragam. Ada yang cukup tinggi dengan ketinggian 9 meter dari dasar gua. Oh ya, di dalam gua ini lantainya nggak rata, lo.

Meski segalanya terlihat unik dan indah di dasar sumur, Al Kindi dan rekan-rekannya juga keheranan dengan banyaknya ular di dalam sumur ini. Menurutnya, karena di dalam sumur nggak ada predator, wajar jika kemudian ular-ular ini berkembang biak dengan pesat. Apalagi, ada hewan-hewan kecil yang berpotensi menjadi mangsanya seperti katak serta kumbang.

Kalau kamu, berani nggak kalau diminta memasuki sumur neraka Yaman ini, Millens? (Cnn/IB09/E05)