Sumbang Rp 2 Triliun untuk Penanganan Pandemi, Seperti Apa Sih Bisnis Akidi Tio?

Sumbang Rp 2 Triliun untuk Penanganan Pandemi, Seperti Apa Sih Bisnis Akidi Tio?
Keluarga Akidi Tio saat memberikan bantuan Rp 2 triliun untuk penanganan pandemi. (Detik)

Pengusaha almarhum Akidi Tio dan keluarganya memberikan bantuan Rp 2 triliun bagi penanganan pandemi Covid-19, khususnya untuk membantu warga yang terdampak. Seperti apa sih bisnis Akidi Tio sehingga bisa memberikan bantuan sebanyak itu?

Inibaru.id – Belakangan ini warganet dihebohkan dengan aksi pengusaha asal Langsa, Aceh TImur bernama Akidi Tio. Bagaimana nggak, sang mendiang Akidi Tio memberikan Rp 2 triliun untuk membantu penanganan pandemi Covid-19 di Sumatera Selatan. Hm, jadi penasaran, seperti apa sih bisnis Akidi Tio sampai bisa sukses dan berderma dengan jumlah uang yang luar biasa itu.

Jadi gini, Millens, sang mendiang Akidi Tio dikenal sebagai pengusaha yang bergerak di berbagai bidang. Nah, salah satu yang cukup terkenal adalah kiprahnya di bidang kontainer. Nah, Akidi punya tujuh anak yang semuanya juga jadi pengusaha. Enam di antaranya kini tinggal di Ibu Kota, dan satu ada yang menjalankan usaha di Palembang.

Salah satu warisan paling berharga yang ditinggalkan oleh Akidi sebelum berpulang kepada anak-anaknya adalah agar selalu membantu warga yang nggak mampu. Nah, hal inilah pula yang membuat keluarga ini memutuskan untuk memberikan bantuan Rp 2 triliun di Mapolda Sumatera Selatan. Nantinya, uang itu akan digunakan untuk membantu warga yang kesulitan karena terdampak pandemi.

“Almarhum itu pengusaha di bidang pembesian dan kontainer,” terang dokter keluarga Akidi, Prof dr Hardi Darmawan.

Nah, yang menarik, pemberian bantuan ini ternyata bukan yang pertama dilakukan keluarga Akidi. Sudah berkali-kali mereka membantu warga yang terdampak pandemi. Sebelumnya aksi mereka nggak dipublikasikan.

Dokter keluarga Akidi, Prof dr Hardi Darmawan. (Media Indonesia/Dwi Apriyani)
Dokter keluarga Akidi, Prof dr Hardi Darmawan. (Media Indonesia/Dwi Apriyani)

Kalau ada yang bertanya mengapa Akidi memilih untuk membantu warga Sumatera Selatan, ternyata hal ini disebabkan oleh semasa hidup, Akidi pernah tinggal di Palembang. Almarhum ternyata sangat terkesan dengan waktunya selama tinggal di Kota Pempek sehingga tergerak hatinya untuk membantu warga di sana.

“Saya juga kaget saat ditelepon anaknya untuk menyerahkan bantuan ini karena memang nilainya besar,” lanjut Hardi.

Apa yang dilakukan keluarga Akidi sampai mendapatkan respons dari Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru. Menurutnya, keluarga Akidi patut dijadikan contoh bagi masyarakat Sumatera Selatan karena mau membantu penanganan Covid-19, khususnya bagi banyak orang yang terdampak dan membutuhkan bantuan.

“Kita bangga ya, keluarga almarhum Akidi Tio ini ikut serta memberikan kepedulian terhadap penanganan Covid-19 di Sumsel. Apalagi jumlah dana yang diberikan sangat besar mencapai Rp 2 triliun. Ini angka yang nggak sedikit,” terang Herman.

Rp 2 triliun memang jumlah yang luar biasa, ya Millens. Semoga saja banyak konglomerat yang juga tergerak untuk ikut membantu warga yang kurang mampu dan semakin terhimpit karena pandemi yang masih belum bisa diselesaikan di Indonesia. (Kom/IB09/E05)