Sulit Bangun Sahur? Coba Lakukan Hal Ini

Terlewat sahur kerap dirasakan sejumlah orang saat Ramadan, terlebih bila sudah memasuki 10 hari terakhir di Bulan Suci. Nah, cobalah langkah-langkah berikut untuk mengusir rasa malas saat bangun sahur.

Sulit Bangun Sahur? Coba Lakukan Hal Ini
Malas bangun sahur. (Intipslagi.blogspot.com)

Inibaru.id – Kegiatan sahur sangat dianjurkan bagi kamu yang sedang menjalani puasa. Selain membuatmu menjadi lebih bertenaga saat berpuasa, kamu juga bakal diganjar pahala bila sahur di akhir waktu. Namun, banyak orang yang terkadang melewatkan sahur karena berbagai alasan.

Salah satu alasan yang sering dijumpai yakni bangun kesiangan sehingga nggak sahur. Nah, berikut beberapa tips agar kamu bisa bangun sahur tepat waktu.

Niat

Niat untuk bangun sahur. (Pinterest.com)

Niat merupakan hal yang paling utama sebelum untuk melakukan sesuatu. Sangking pentingnya niat, salah satu hadist menyebut segala sesuatu berawal dari niat. Nah, bila kamu pengin bisa bangun sahur, kamu juga harus niat akan sahur sesaat sebelum tidur. Cara ini dipercaya ampuh membuatmu bangun sahur.

Sempatkan Tidur Siang Walaupun Hanya 20 Menit

Tidur siang. (Brilio.net)

Memang terdengar sepele, tapi tidur siang terbukti ampuh membuat badanmu bugar sepanjang waktu lo, Millens. Tidur siang juga bisa mengurangi ketegangan dan stres. Selain itu, tidur siang juga bisa menjadi salah satu cara ampuh agar kamu bangun saat sahur. Ini karena jam istirahatmu tercukupi dengan tidur di siang hari. Eits, tapi pastikan kamu nggak tidur siang terlalu lama ya.

Jangan Begadang

Hindari begadang. (Dailygeekshow.com)

"Begadang jangan begadang, kalau tiada artinya..." Kata Rhoma Irama nyatanya benar, Millens. Sebagian besar orang malas bangun sahur karena begadang atau telat tidur. Tidur terlalu larut akan membuat tubuhmu merasa lelah saat bangun, hal itulah yang membuat orang malas bangun sahur.

Jadi, kamu harus memperhatikan jadwal tidurmu. Jangan sampai begadang, apalagi karena hal yang nggak penting, seperti stalking timeline mantan. Ha-ha.

Pasang Alarm dan Letakkan Jauh-Jauh

(Wowmenariknya.com)

Jika kamu pengin memasang alarm, lebih baik letakkan alarm tersebut pada jarak yang agak jauh dari tempat tidurmu. Bila alarm diletakkan pada jarak jauh, kamu nggak bisa menggapai dan mematikannya. Dengan begitu kamu akan terpaksa bangun dari tempat tidur untuk mematikannya. Oh iya jangan lupa pasang alarm lebih dari satu waktu ya.

Minta Bantuan Keluarga atau Teman untuk Membangunkan.

Minta bantuan keluarga atau teman. (Zing.vn)

Bila semua cara sudah ditempuh tapi kamu masih sulit bangun untuk sahur, cobalah minta bantuan keluarga atau teman untuk membangunkanmu. Pastikan keluarga atau teman yang kamu mintai bantuan itu bisa bangun ya, Millens. Kalau mereka juga susah bangun ya sama saja nggak membantu. He-he.

Itulah beberapa tips ampuh yang bisa kamu coba supaya nggak ketinggalan sahur karena bangun kesiangan. Selamat mencoba sobat Millens. (IB18/E04)