Suka pakai Dating Apps? Berikut Tipsnya Agar Aman

Suka pakai Dating Apps? Berikut Tipsnya Agar Aman
Tips kencan dengan aplikasi dating online. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Aplikasi kencan online belakangan ini sering digunakan untuk menemukan jodoh atau sekadar seru-seruan. Biar aman dan asyik, yuk simak tips aman untuk menggunakannya!

Inibaru.id – Perkembangan teknologi yang semakin maju mengubah banyak sekali aspek kehidupan manusia. Salah satunya adalah urusan kencan atau mencari jodoh. Kini, kamu bisa mencari jodoh lewat aplikasi online, lo!

Beberapa orang saat ini mencoba aplikasi kencan untuk mencari jodoh dengan beberapa alasan. Nggak hanya diperuntungan untuk berpasangan, aplikasi kencan online ini juga bisa menjadi tambahan relasimu dengan orang lain.

Biasanya, orang yang memilih untuk berkencan lewat aplikasi memiliki kesulitan untuk membuka obrolan saat hendak berkenalan langsung sebelumnya. Aplikasi ini dianggap mampu memudahkannya berinteraksi dengan orang lain.

Namun terkadang, kencan online juga nggak berjalan dengan apa yang diinginkan. Banyak yang merasa nggak aman dan takut tertipu. Nah, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu jadikan kiat aman untuk memulai kencan online.

1.       Tentukan Platform

Tentuka platform untuk berkencan (The Tech Portal)
Tentuka platform untuk berkencan (The Tech Portal)

Saat ini ada banyak sekali pilihan akan platform untuk kencan online. Nah, kamu perlu menentukan platform apa yang dipilih untuk mendaftarkan diri. Pastikan memilih platform yang terpercaya dengan reputasi yang baik.

Hindari memilih platform yang sudah banyak laporan kasus negatif. Kamu juga bisa mulai menanyakan ke teman yang sudah pernah menggunakan aplikasi kencan online sebelumnya agar mendapatkan saran yang tepat.

2.       Jangan Berikan Data Lengkap

Usahakan memberi jarak saat awal bertemu (foxnews.com)
Usahakan memberi jarak saat awal bertemu (foxnews.com)

Tanamkan perasaan skeptis terhadap lawan pasangan yang ada di aplikasi kencan online. Jangan langsung percaya dengan memberikan data lengkap mengenai dirimu. Hal itu harus kamu hindari karena belum tentu orang yang ada di aplikasi tersebut benar-benar nyata.

Sebaiknya tunggu hingga benar-benar bertemu dan melihatnya secara langsung. Kalau sudah yakin, barulah kamu boleh bertukar informasi yang lebih pribadi.

3.       Usahakan Bertemu di Tempat Publik

Jangan di tempat berbahaya ya (wendyshow.com)
Jangan di tempat berbahaya ya (wendyshow.com)

Saat menentukan tempat untuk bertemu pertama kali, usahakan memilih tempat yang umum dan ramai. Pastikan tempat yang dipilih bukanlah bar, hotel, rumah kerabat sang calon, dan yang lain.

4.       Pilih Foto Profil dengan Bijak

Pilih foto profil yang baik (Shutterstock)
Pilih foto profil yang baik (Shutterstock)

Kamu disarankan untuk memasang foto profil yang berbeda dari sosial media kamu yang lainnya. Hal ini bertujuan agar menghindari kamu dari predator yang ingin mengulik informasi personal mengenai dirimu.

Jangan pasang foto profil yang bisa mengundang presepsi negatif. Tampilkan foto yang baik dan sopan.

5.       Beri Tahu Orang Lain

Beri tahu teman sekitarmu (kumparan.com)
Beri tahu teman sekitarmu (kumparan.com)

Saat kamu hendak bertemu dengan calon pasangan melalui kencan online, beritahu teman atau kerabat terdekat informasi sedetail mungkin. Mulai dari foto teman kencan, nama, tempat bertemu. Hal ini penting agar kamu bisa segera ditolong bila hal buruk terjadi.

6.       Pulang dan Berangkat Sendiri

Pastikan bawa kendaraan sendiri (Medical News Today)
Pastikan bawa kendaraan sendiri (Medical News Today)

Mengusahakan untuk selalu membawa kendaraan pribadi atau menggunakan transportasi umum mampu mencegahmu dari hal-hal yang nggak diinginkan. Jangan terlalu tergesa-gesa memberikan alamat tempat tinggalmu ke teman kencan yang baru saja dikenal.

Gimana, Millens. Apakah kamu juga pernah atau sedang menggunakan aplikasi kencan online? (Tem/Mg31/E07)