Suka Ikut Virtual Run? Perhatikan 5 Hal Penting Ini Sebelum Membeli Running Watch!

Suka Ikut Virtual Run? Perhatikan 5 Hal Penting Ini Sebelum Membeli Running Watch!
Perhatikan hal ini sebelum beli runing watch. (Gone Running)

Berlari jadi tren olahraga yang kian diminati. Untuk mendukung aktivitas olahraga ini, running watch jadi pilihan yang tepat karena berfungsi memantau performa. Eits, tapi ada yang perlu diperhatikan sebelum membeli running watch. Apa saja? 

Inibaru.id – Fungsinya yang beragam bikin smart watch lebih populer ketimbang GPS running watch. Namun, alroji khusus lari dengan GPS sebetulnya merupakan pilihan terbaik kalau kamu pengin memantau latihan fisik secara detail tanpa menggunakan perangkat yang rempong. 

Ya, jam tangan lari a.k.a running watch memang mempunyai fungsi yang lebih spesifik yang bakal sangat cocok dipakai para penyuka olahraga lari. Kenapa?

Running watch yang dilengkapi GPS mampu merekam data real time, seperti kecepatan, ketinggian, lokasi, jarak berlari, berapa mil tercepat yang kamu jalankan, bahkan detak jantung.

Hal ini penting bagi seorang pelari, salah satunya agar kamu mengetahui batas kemampuan dan target yang akan dicapai. Namun, harganya yang lumayan mahal membuat orang bingung, apa saja pertimbangan membeli jam tangan lari?

Nah, sebelum membeli running watch, cobalah perhatikan hal-hal berikut ini! 

1. Daya Tahan Baterai

Pilihlah jam dengan daya baterai besar. (Tech raider)
Pilihlah jam dengan daya baterai besar. (Tech raider)

Running watch dengan GPS akan memakan lebih banyak daya baterai. Karenanya, pilihlah jam tangan dengan kapasitas baterai yang besar agar tahan lama saat digunakan. Daya tahan baterai yang pendek akan jadi kendala saat kamu mengikuti lari jarak jauh seperti maraton.

2. Tahan Air

Pilihlah yang tahan air. (Pinterest)
Pilihlah yang tahan air. (Pinterest)

Pastikan running watch yang akan kamu beli mempunyai fungsi tahan air. Hal ini karena secara alami tubuhmu mengeluarkan keringat saat berlari. Cuaca yang kadang cerah juga bisa berubah hujan secara tiba-tiba. Pastikan juga seberapa kuat fungsi tahan airnya ya, Millens!

3. Tampilan layar

Cari jam dengan tampilan layar yang mumpinu ya. (Wereable)
Cari jam dengan tampilan layar yang mumpinu ya. (Wereable)

Belilah running watch dengan tampilan layar yang punya tingkat pencahayaan yang mumpuni. Perhatikan juga ukuran huruf dan angka yang besar dan sederhana sehingga mudah dipahami.

Oh ya, jika kamu memilih running watch dengan layar sentuh, uji juga sensitivitas layarnya ya!

4. Nyambung ke Smartphone

Hubungkan dengan ponsel agar fungsinya maksimal! (Sunny Stoeer)
Hubungkan dengan ponsel agar fungsinya maksimal! (Sunny Stoeer)

Menghubungkan running watch-mu dengan smartphone akan meningkatkan efektivitas latihanmu. Data yang kamu dapatkan dapat kamu gunakan untuk mengevaluasi latihan agar mencapai hasil yang terbaik.

Oh ya, jaga konektivitas antara keduanya agar tetap maksimal fungsinya, ya!

5. Fitur dan Desain

Perhatikan fiturnya. (Corroner una Marathon)
Perhatikan fiturnya. (Corroner una Marathon)

Selain hal-hal di atas, pilihlah running watch dengan G sensor dan pengukur detak jantung. G sensor berfungsi untuk mengukur jarak tempuh meski GPS tidak berfungsi, sedangkan pengukur detak jantung untuk mengetahui kecepatan detak jantungmu.

Sementara, untuk desain, pilihlah running watch yang ringan agar nggak mengganggu aktivitas berlarimu.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli running watch. Tentu, running watch yang tepat dan sesuai selera akan menambah semangat berolahraga kan, Millens? (Myb/IB27/E03)