Suka Hilang Konsentrasi? 5 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Susah berkonsentrasi saat menyelesaikan pekerjaan memang mengganggu banget. Kinerja dapat menurun, pekerjaan pun tertunda. Nah, coba ketahui dulu penyebabnya yuk!

Suka Hilang Konsentrasi? 5 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya
Ilustrasi susah berkonsentrasi saat bekerja. (Sleekr)

Inibaru.id – Pekerjaan menumpuk tapi kamu malah sulit untuk berkonsentrasi? Duh, tentu mengganggu banget ya. Keadaan itu dapat disebabkan faktor internal maupun eksternal, Millens. Nah, beberapa hal ini bisa jadi salah satu faktornya.

Metabolisme Menurun

 

Metabolisme yang menurun dapat menurunkan tingkat konsentrasi pula. (Shutterstock)

Tubuh yang kekurangan asupan vitamin dan hormon tertentu bisa memengaruhi tingkat konsentrasi. Cobalah periksakan kondisi kesehatanmu ke dokter, mulai dari kondisi tekanan darah, kesehatan jantung, dan serangkaian pemeriksaan lainnya.

Gelisah Berlebihan

Gelisah berlebihan menjadi satu alasan mudah hilangnya konsentrasi. (Shutterstock)

Terlalu khawatir terhadap hal yang sedang terjadi atau rencana di masa depan dapat menurunkan tingkat konsentrasimu. Hal itu bisa berakibat pada penurunan kinerja. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengambil jeda untuk beristirahat sejenak di sela-sela rutinitas. Melakukan hal yang menyenangkan saat beristirahat dapat mengembalikan mood dan konsentrasimu.

Perubahan Hormon

Perubahan hormon lebih sering dialami kaum perempuan. (Thinkstock/Dolgachov)

Nah, penyebab yang satu ini lebih sering dialami kaum perempuan, terutama saat mereka sedang dalam masa haid atau menjelang fase menopause. Jangan khawatir, Millens. Mengonsumsi makanan tertentu dapat membantu menstabilkan hormonmu, kok. Kalau perlu, kamu bahkan bisa melakukan terapi penggantian hormon jangka pendek seperti ditulis laman Detik (18/9/2012).

Pola Diet yang Nggak Sehat

Pola diet nggak sehat dapat memengaruhi tingkat konsentrasi. (Shutterstock)

Kamu sedang diet? Hm, bisa jadi hal itu jadi penyebab hilangnya konsentrasimu terutama jika diet yang kamu lakukan nggak sesuai aturan sehingga asupan nutrisi pun nggak seimbang. Cobalah periksa kembali pola dietmu. Jangan lupa atur polanya agar tubuh dan otak tetap mendapat asupan nutrisi yang tepat, ya!

Terlalu Banyak Kegiatan

Aturlah pekerjaan sesuai prioritas dan urgensinya. (Businesstrust)

Terlalu sibuk menjalani rutinitas dan menyelesaikan pekerjaan juga dapat menurunkan ketajaman konsentrasi. Untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan olahraga ringan di sela kesibukan agar tubuh dan pikiran tetap terasa bugar. Oh iya, atur pula kegiatan yang akan kamu kerjakan sesuai prioritas dan urgensinya.

Meski menjalani kesibukan dan rutinitas yang padat, kamu tetap bisa menjaga ketajaman konsentrasi, kok. Jangan lupa luangkan waktumu untuk memperhatikan kesehatan tubuh dan pikiran! (IB10/E04)