Stres dan Tertekan Saat Bekerja? Micro Break Kuncinya!

Stres dan Tertekan Saat Bekerja? <em>Micro Break</em> Kuncinya!
Jika nggak diatasi, tekanan kerja bisa memberikan efek negatif. (Thinkstockphotos)

Menyeduh kopi atau memakan camilan ternyata hanya memiliki efek jangka pendek untuk meringankan kepenatan saat bekerja. Cara lebih ampuh dan sudah dibuktikan oleh peneliti adalah melakukan micro break. Seperti apa?

Inibaru.id - Tumpukan tugas serta tekanan kantor yang nggak terkontrol kadangkala bisa membuat konsentrasi  melemah. Biasanya kebanyakan orang menciptakan relaksasi pribadi dengan mengunyah camilan atau menyeduh secangkir kopi agar konsentrasi pulih kembali. Tapi, upaya tersebut dinilai nggak memiliki dampak panjang.

Penelitian membuktikan kalau micro break mampu memulihkan konsentrasi kembali dan memantapkan seseorang untuk kembali menghadapi pekerjaan nih, Millens.

Micro break merupakan aktivitas yang memecah kemonotonan dalam pekerjaan yang menguras fisik dan mental. Aktivitas ini bisa kamu lakukan di mana pun bahkan di balik meja kerjamu sekali pun. Selain itu bisa juga dilakukan hanya dengan sekadar mendengar musik atau sambil membuat teh. Stretching ringan juga bisa dikategorikan micro break.

Soonyeol Kim, mahasiswa strata tiga dari University of Illinois, sekaligus sebagai pakar micro break, menyatakan bahwa ada dua jenis micro break. Pertama micro break yang dilakukan secara singkat dan yang kedua dilakukan secara sukarela. Kalau sudah ada dua hal yang mendasari itu, kamu bisa melakukan apa itu yang dinamakan micro break. "Salah satu komponen kunci dari istirahat yang efektif adalah melepaskan beban psikologis, yang mengacu pada pelepasan mental dari hal tentang pekerjaan," kata Kim. Kalau kamu suka micro break yang seperti apa, Millens? (IB28/E05)