Stop! Hentikan Kebiasaan Ini Agar Sistem Imun Nggak Turun

Stop! Hentikan Kebiasaan Ini Agar Sistem Imun Nggak Turun
Ilustrasi minuman berakohol (shutterstock)

Kebiasaan memang sulit diubah. Namun, demi kesehatan tubuh, ada beberapa kebiasaan buruk yang sebaiknya mulai kita ubah. Berikut adalah kebiasaan-kebiasaan yang sebaiknya kita hentikan.

Inibaru.id – Mengingat pandemi virus corona masih belum bisa dikendalikan di Indonesia, mau tidak mau kita harus menjaga sistem imun tubuh agar tidak mudah terinfeksi. Masalahnya adalah seringkali kita melakukan kebiasaan-kebiasaan yang tidak sehat. Kebiasaan ini bisa membuat sistem imun tubuh melemah dan akhirnya kita pun rentan tertular Covid-19.

Agar tubuhmu nggak mudah terinfeksi virus atau jatuh sakit, sebaiknya mulai menghilangkan kebiasaan-kebiasaan tidak sehat seperti sebagai berikut.

Minum Alkohol

Penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam jurnal Alcohol Research membuktikan bahwa kebiasan mengonsumsi minuman beralkohol bisa membuat sistem imun tubuh semakin melemah. Risiko terkena gejala virus corona seperti pneumonia parah dan sindrom pernapasan akut juga meningkat.

Bahaya alkohol bagi sistem imun tubuh (Hellosehat)
Bahaya alkohol bagi sistem imun tubuh (Hellosehat)

Hal ini berarti, jika pengidap Covid-19 sebelumnya sering mengonsumsi minuman keras, risiko terkena gejala kesehatan yang lebih parah dan mengalami kematian semakin tinggi.

Konsumsi Garam Berlebihan

Penelitian baru yang dilakukan di Rumah Sakit Universitas Bonn membuktikan bahwa terlalu banyak asupan garam bisa menurunkan sistem imun dengan signifikan. Hal ini disebabkan oleh ginjal yang bekerja dengan terlalu keras mengeluarkan kelebihan natrium yang berimbas pada menurunnya kemampuan tubuh dalam melawan bakteri.

Bahaya garam jika dikonsumsi dengan berlebihan (Hellosehat)
Bahaya garam jika dikonsumsi dengan berlebihan (Hellosehat)

Cobalah untuk menurunkan asupan garam dan lebih cermat dalam memakai bumbu-bumbu dapur agar masakan tetap terasa lebih nikmat.

Asupan Kafein Berlebihan

Kafein yang bisa ditemukan di dalam kopi bisa memberikan banyak manfaat bagi tubuh, namun jika dikonsumsi dengan berlebihan, bisa menyebabkan efek buruk. Sebagai contoh, kamu bisa mengalami kurang tidur yang akhirnya berimbas pada menurunnya sistem imun tubuh.

Bahaya asupan kafein berlebihan bagi tubuh (dairibaru)
Bahaya asupan kafein berlebihan bagi tubuh (dairibaru)

Selain membatasi asupan kafein agar tidak berlebihan, sebaiknya nggak mengonsumsinya sekitar 5-6 jam sebelum jam tidur.

Konsumsi Gula Berlebihan

Gula yang manis dan nikmat memang sangat sulit untuk ditolak. Selain ditambahkan pada minuman, gula juga bisa dijadikan campuran makanan atau camilan yang enak. Sayangnya, jika dikonsumsi dengan berlebihan, bisa menyebabkan efek kesehatan yang tidak baik.

Bahaya asupan gula berlebihan (hollashop)
Bahaya asupan gula berlebihan (hollashop)

The American Journal of Clinical Nutrition menemukan fakta bahwa asupan gula terlalu banyak bisa membuat kemampuan tubuh melawan bakteri menurun drastis.

Kurang Asupan Serat

Dampak kekurangan asupan serat (Hellosehat)
Dampak kekurangan asupan serat (Hellosehat)

Mencukupi kebutuhan serat bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan fungsi pencernaan. Jika sampai kekurangan asupan serat, sistem imun bisa melemah dan risiko tertular virus akan semakin meningkat.

Kurang Tidur

Mendapatkan waktu tidur yang cukup bisa membuat badan terasa nyaman dan bugar. Sistem imun juga bisa terjaga kekuatannya. Sayangnya, kini semakin banyak orang yang mengalami masalah kurang tidur.

Kurang tidur bisa menurunkan sistem imun (Hellosehat)
Kurang tidur bisa menurunkan sistem imun (Hellosehat)

Jika kita sering kurang tidur, risiko terinfeksi virus akan semakin meningkat. Melihat fakta ini, sebaiknya kita menata kembali kebiasaan tidur kita agar tetap sehat.

Pastikan untuk mengubah kebiasaan-kebiasan buruk tersebut agar nggak mudah jatuh sakit, ya Millens(Lip/MG31/E07)