Setop Cyber Bullying, Instagram Bakal Luncurkan Dua Fitur Ini

Semua orang sangat bebas untuk mengakses media sosial. Saking bebasnya, beberapa orang berbuat semena-mena kepada pengguna lainnya, salah satunya melontarkan kata-kata kasar, negatif hingga perundungan atau bullying. Untuk mencegah hal ini, instagram segera meluncurkan dua fitur baru anti-perundungan.

Setop <em>Cyber Bullying</em>, Instagram Bakal Luncurkan Dua Fitur Ini
Instagram berencana luncurkan fitur anti-bulliying. (Text Request)

Inibaru.id - Untuk mencegah perundungan yang marak terjadi di media sosial, instagram akan meluncurkan fitur baru. Bukan cuma satu fitur, tapi dua sekaligus. Pembuatan fitur tersebut dirancang berdasarkan pemahaman tentang praktik komentar negatif serta perundungan siber yang biasa dilakukan. Serta fitur ini merupakan solusi bagi korban untuk merespon praktik perundungan.

Perusahaan pengembang platform media sosial ini mengadopsi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) untuk mendeteksi perundungan dan konten berbahaya lainnya dalam bentuk komentar, foto, dan video.

"Instagram berkomitmen untuk memimpin industri ini dalam melakukan perlawanan terhadap perundungan online, dan mempertimbangkan kembali pengalaman yang ada di Instagram secara keseluruhan guna mencapai komitmen tersebut," jelas Adam Mosseri, pimpinan Instagram dalam keterangan resminya seperti dilansir Merdeka.com, Rabu (10/7).

Cara kerjanya simpel. Saat pengguna instagram pengin mengirimkan komentar negatif, secara otomatis akan muncul teks di bawah postingan kamu yakin mau memposting ini?

Nah, peringatan tersebut bisa membuat pengguna berpikir dua kali untuk memposting komentarnya. Fitur ini juga dapat mencegah penerima postingan merasa tersakiti karena ungguhan negatif. Sayangnya, belum ada tanggal pasti kapan fitur ini diluncurkan.

"Sejak uji coba awal fitur ini, instagram menemukan bahwa fitur ini mendorong sebagian orang mengurungkan komentar ofensif mereka, dan membagikan hal yang sifatnya lebih baik setelah mereka melakukan refleksi diri," kata Mosseri.

Fitur yang kedua ialah pembatasan atau restrict. Kalau kamu membatasi seseorang dengan fitur ini, dia nggak akan tahu kamu lagi aktif di instagram atau nggak. Kamu juga bisa menyembunyikan komentarnya dari orang lain. Dikatakan Mosseri, fitur itu bertujuan untuk melindungi akun pengguna dari interaksi yang nggak diinginkan. Instagaram merasa turut bertanggung jawab untuk menciptakan lingkungan yang aman. Wah, keren juga ya fiturnya. Semoga bisa mencegah cyber bullying ya. (IB33/E05)