Ubah Kebiasaan Nyampah, Stasiun MRT Nggak Sediakan Tempat Sampah

Ubah Kebiasaan <em>Nyampah</em>, Stasiun MRT Nggak Sediakan Tempat Sampah
Nggak ada tempat sampah di peron MRT. (Trubus.id)

Pengelola MRT sengaja nggak menyediakan banyak tempat sampah di stasiun. Tujuannya, untuk mengedukasi masyarakat biar nggak membawa sampah ke dalam stasiun. Apakah langkah ini berhasil?

Inibaru.id - Kalau kamu termasuk orang yang sudah menjajal moda transportasi baru milik Jakarta yaitu MRT, kamu mungkin akan sedikit bingung di mana membuang sampah. Pasalnya di peron MRT nggak disediakan tempat sampah. Kamu baru bisa menjumpai tempat sampah di toilet.

Menanggapi hal ini, William P. Sabandar, Direktur utama PT Moda Raya Terpadu (MRT) sengaja nggak menempatkan tempat sampah di dalam stasiun untuk mengedukasi penumpang agar selalu menjaga kebersihan.

“Kalau ada tempat sampah, orang akan cenderung makan di dalam stasiun,” kata William dilansir dari Kompas (30/3/2019).

Dia berharap masyarakat yang hendak menggunakan MRT nggak membawa makanan atau minuman karena berpotensi menghasilkan sampah. Karena itu, penumpang hendaknya membawa sampah mereka sampai menemukan tempat sampah. Penumpang baru boleh makan dan minum di food court di dalam stasiun. Kalau masih nekat makan di peron, mereka bakalan diusir. Hmm, jangan sampai ya.

Meski masih banyak penumpang yang belum teredukasi, William mengklaim sudah mulai ada kesadaran para penumpang untuk nggak membuang sampah sembarangan. Banyak di antara mereka yang akhirnya memilih mengantongi bekas struk pembelian tiket.

Salut deh. Semoga makin banyak yang sadar pentingnya menjaga kebersihan MRT ya, Millens. (IB27/E05)