Hati-Hati Terjangkit Gangguan Mental Bila Pola Main Gimmu Begini

Hati-Hati Terjangkit Gangguan Mental Bila Pola Main Gimmu Begini
Kecanduan game termasuk penyakit mental. (Thinkstockphotos)

WHO resmi menetapkan kecanduan bermain gim sebagai gangguan mental. Kecanduan bermain gim tergolong gangguan mental bila mengandung unsur-unsur ini.

Inibaru.id – Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO resmi menetapkan kecanduan bermain gim sebagai penyakit mental. Orang yang bermain gim dengan indikator tertentu termasuk dalam “disorders due to addictive behavior”.

Namun, bermain gim baru tergolong penyakit mental bila terlihat tanda-tana berikut.

Tidak Dapat Mengontrol Keinginan Bermain Gim

Bila seseorang nggak bisa mengontrol keinginannya bermain gim, itu termasuk tanda gangguan mental. Menurut Paul Hokemeyer Ph.D selaku terapis kecanduan, pada kondisi tersebut seseorang saat nggak bisa mengendalikan keinginannya, sekalipun dia tahu efek negatif yang didapat dari bermain gim.

Memprioritaskan Main Gim Dibanding Aktivitas Lainnya

Pada kondisi ini, seseorang lebih mementingkan untuk bermain gim dibanding melakukan aktivitas positif lainnya. Lantaran bermain gim, kegiatan-kegiatan seperti mengasah minat jadi terlupakan.

“Pada dasarnya ia menganggap main gim lebih utama dibanding aktivitas harian lain yang sebenarnya juga menyenangkan,” ujar Hokemeyer.

Mengabaikan Efek Negatif Bermain Gim

Meski sudah tahu efek negatifnya, seseorang masih bermain gim secara asyik. Bila kondisi tersebut terjadi padamu, berarti bisa dikategorikan mentalmu terganggu.

Perilaku kecanduan ini secara signifikan telah merusak fungsi-fungsi normal dalam hal personal, pendidikan, pekerjaan, sosial, atau hal penting lainnya selama kurang lebih 12 bulan.

Seperti kecanduan lainnya, kecanduan gim juga bertambah dengan cepat. Penambahan terjadi terutama pada anak-anak dan remaja karena secara alami, otak anak dan remaja lebih gampang menyerap kegembiraan dan stimulasi berlebihan.

Wah, mesti dikontrol lagi nih bermain gimnya, Millens. Kalu kamu merasakan tanda-tanda tersebut saat main gim, segera batasi dan cobalah berkonsultasi dengan psikolog. (IB24/E04)