Sri Mulyani Jadi Menteri Keuangan Terbaik Se-Asia Pasifik untuk Kali Kedua

Menteri Keuangan Indonesia Sri Mulyani kembali diganjar penghargaan sebagai Menteri Keuangan Terbaik se-Asia Pasifik versi majalah keuangan FinanceAsia. Penghargaan tersebut merupakan kali kedua bagi Sri Mulyani setelah dinobatkan dengan kategori yang sama pada 2017 lalu.

Sri Mulyani Jadi Menteri Keuangan Terbaik Se-Asia Pasifik untuk Kali Kedua
Sri Mulyani meraih penghargaan sebagai Menteri Keuangan Terbaik se-Asia Pasifik versi FinanceAsia untuk kali kedua. (Breakingnews.co.id)

Inibaru.id – Majalah keuangan FinanceAsia baru saja merilis nama-nama Menteri Keuangan terbaik se-Asia Pasifik pada Jumat (6/4/2018). Dalam daftar tersebut, nama Menteri Keuangan Indonesia Sri Mulyani sekali lagi memuncaki predikat Menteri Keuangan terbaik.

Predikat tersebut disematkan kepada Sri Mulyani untuk kali kedua. Penghargaan pertama diberikan kepada perempuan yang kerap disapa Ani itu pada 2017 lalu.

Katadata.co.id, Sabtu (14/4), menulis, penghargaan itu diberikan kepada Ani karena dianggap berhasil membawa perekonomian Indonesia ke arah yang lebih baik. FinanceAsia menilai Ani dapat mempertahankan kemajuan ekonomi global saat terjadi kenaikan suku bunga di Amerika Serikat. Selain itu, dia juga berhasil menjaga stabilitas belanja negara terlihat dari rendahnya defisit anggaran Produk Domestik Bruto (PDB) sekitar 2,5 persen dari yang semula diperkirakan mencapai 2,9 persen.

Keberhasilan pemerintah Indonesia dalam menjaga stabilitas inflasi dan nilai tukar rupiah juga memberi sumbangsih bagi Ani dalam meraih penghargaan tersebut. Untuk kali pertama, PDB Indonesia diketahui menyentuh angka 1 triliun dolar AS dengan pertumbuhan ekonomi yang stabil di atas 5 persen pada 2017 silam.

“Penghargaan ini sebagai wujud pengakuan dan apresiasi atas kerja keras pemerintah di bidang ekonomi, yang didukung kerja sama yang baik antara Kementerian Keuangan dan seluruh pemangku kepentingan,” tulis Sri Mulyani seperti dikutip dari Kemenkeu.go.id, Sabtu (14/4).

Sebelum ini, pemilik nama lengkap Sri Mulyani Indrawati ini juga pernah diganjar beberapa penghargaan. Pada 2006 lalu, Sri Mulyani diberi predikat sebagai Menteri Keuangan terbaik Asia oleh Majalah Emerging Markets. Dia juga masuk dalam jajaran wanita paling berpengaruh ke-23 oleh Majalah Forbes pada 2008. Sementara itu pada awal 2018, dia dinobatkan sebagai Menteri Terbaik Dunia pada gelaran World Government Summit yang diselenggarakan di Dubai, Uni Emirat Arab.

Wah, banyak banget ya pencapaian Bu Sri Mulyani. Proud of you, Bu Ani. (IB15/E04)