Sri Mulyani Kembali Masuk dalam Daftar Seratus Perempuan Paling Berpengaruh di Dunia Versi Forbes

Sri Mulyani Kembali Masuk dalam Daftar Seratus Perempuan Paling Berpengaruh di Dunia Versi Forbes
Untuk kedua kalinya, Sri Mulyani masuk dalam daftar perempuan paling berpengaruh di dunia versi Forbes. (Kumparan)

Menteri Keuangan Sri Mulyani kembali menambah prestasinya dengan menjadi salah satu perempuan paling berpengaruh di dunia. Untuk kedua kalinya, Sri Mulyani dinobatkan Forbes sebagai salah satu perempuan yang memberi kontribusi besar dalam kesetaraan gender.

Inibaru.id – Forbes merilis daftar nama perempuan paling berpengaruh di dunia pada Jumat, (13/12/19). Majalah bisnis dan finansial asal Amerika Serikat ini memasukkan Menteri Keuangan Indonesia Sri Mulyani di urutan ke-76. Sri Mulyani dipilih lantaran mampu meningkatkan pendapatan Indonesia dengan melakukan reformasi pajak.

Sebagai menteri keuangan, dia meningkatkan pendapatan negara melalui reformasi pajak yang akan memperluas layanan e-filling dan meningkatkan kepatuhan wajib pajak. Saat menjabat di Bank Dunia, dia juga menggunakan platformnya untuk mempromosikan kesetaraan gender.” tulis Forbes, dikutip dari CNBC, Jumat (13/12).

Ini bukan kali pertama Forbes mencantumkan nama perempuan lulusan University of Illinois Urbana Champaign, Amerika tersebut. Pada 2016 lalu, Sri Mulyani berada di urutan ke-37 Perempuan Paling Berpengaruh di Dunia. Pada 2018, Sri Mulyani juga meraih penghargaan dari World Government Summit sebagai Menteri Terbaik.

Selama menjabat sebagai menteri keuangan dan direktur pelaksana Bank Dunia, Sri Mulyani memang turut mengampanyekan kesetaraan gender. Dalam beberapa kesempatan, dia mengkritik media yang kerap bertanya bagaimana dirinya bisa menyeimbangkan peran sebagai ibu, istri, sekaligus perempuan karier. Dia juga berusaha menciptakan kebijakan yang ramah perempuan di Kementerian Keuangan.

Sementara itu, Kanselir Jerman Angela Merkel, Presiden Bank Sentral Eropa Christine Lagarde, dan Juru Bicara Amerika Serikat Nancy Pelosi adalah nama-nama lain yang mengisi urutan tiga besar.

Wah bangga banget dengan Sri Mulyani ya, Millens! Selamat ya, bu! (IB15/E06)