Sri Mulyani Akan Menginvestigasi Aliran Dana Desa ke ‘Desa Hantu’

Sri Mulyani Akan Menginvestigasi Aliran Dana Desa ke ‘Desa Hantu’
Sri Mulyan.i (Uprint.id)

Menkeu Sri Mulyani menyebut pihaknya telah menemukan dana desa yang disalurkan ke desa hantu. Desa-desa ini sebenarnya nggak pernah ada atau nggak memiliki penduduk sama sekali. Kok bisa?

Inibaru.id – Menteri Keuangan Sri Mulyani mengaku menemukan beberapa ‘desa hantu’ yang mendapatkan alokasi dana desa. 'Desa hantu' disematkan kepada desa fiktif nggak berpenduduk. Dia menyebut akan segera melakukan investigasi terkait dengan hal ini.

Wartaekonomi, Selasa (5/11/2019) menulis, Sri Mulyani mendapatkan informasi terkait  ‘desa hantu’ ini dari salah satu pihak di pemerintahan. Dia juga menyebut sudah mengetahui nama-nama desa tersebut.

“Kami mendapatkan beberapa informasi tentang adanya dana transfer APBN ke desa-desa baru yang bahkan nggak ada penduduknya. Tujuannya hanya agar bisa mendapatkan dana desa,” ucapnya saat melakukan rapat dengan Komisi XI DPR-RI pada Senin (4/11).

Hal ini membuat pihaknya akan segera melakukan evaluasi terkait dengan kebijakan dana desa atau transfer ke daerah.

“Transfer dana kan dilakukan setiap tahun. Karena ada kasus ini, kami akan segera melakukan investigasi agar bisa terungkap siapa yang bertanggung jawab,” ucapnya.

Kemenkeu nggak sendirian, Sri menyebut pihaknya akan menggandeng Kementerian Dalam Negeri untuk melakukan investigasi.

“Nanti akan kami lihat mekanismenya untuk membentuk desa, termasuk soal pengurus desa dan lain-lain,” lanjutnya.

Sebagai informasi, anggaran dana desa yang dialokasikan oleh Kemenkeu mencapai Rp70 triliun di 2019 ini. Sebanyak 74.597 desa mendapatkan dana masing-masing sekitar Rp900 juta untuk melakukan pembangunan atau hal-hal lain yang dibutuhkan masyarakat yang tinggal di desa-desa tersebut.

Dana Desa biasanya dicairkan lewat tiga tahapan dari Rekening Kas Umum Negara (RKUN) ke Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) lewat beberapa tempo. Selanjutnya Sri menyebut akan membuat aturan yang lebih ketat untuk mencairkan dana desa.

Semoga saja kasus ‘desa hantu’ ini bisa segera terungkap, ya Millens! (IB09/E06)