Spektakuler! Formasi Peta dan Bendera Indonesia ala Mahasiswa Undip

Ribuan mahasiswa baru Undip mengkreasikan koreografi visual berbentuk peta Indonesia dan bendera merah putih. Wah!


 

Inibaru.id - Keseruan HUT ke-72 Indonesia belum juga berakhir. Di bulan kemerdekaan yang memasuki pekan terakhir tersebut, tak sedikit warga negeri ini yang terus membicarakan betapa kreatifnya perayaan kemerdekaan tahun ini. Salah satu yang belakangan tengah viral adalah sebuah koreografi visual yang dilakukan ribuan mahasiswa baru Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Jawa Tengah.

Dilansir dari Tribunnews, ribuan mahasiswa baru tersebut mengkreasikan beberapa koreografi visual yang tampak sangat memukau saat dilihat dari atas melalui bantuan pesawat tanpa awak (drone) yang diberi kamera.

Pada formasi pertama, para mahasiswa itu berbaris membentuk Peta Indonesia lengkap dengan detail pulau-pulau yang membentang dari Sabang hingga Merauke. Kemudian, mereka juga membentuk formasi bendera Merah-Putih.

Bertempat di halaman kampus Undip, scenario yang tampak dalam video menampilkan ribuan mahasiswa baru yang sedang bergerombol di depan sebuah gedung. Mereka kemudian berlarian ke lapangan luar dan membentuk formasi yang sungguh menakjubkan.

Para mahasiswa ini berbaris rapi dan membentuk peta Indonesia. Mereka kemudian tampak duduk di lapangan milik kampus Undip tersebut.

Tak berapa lama, mahasiswa-mahasiswa baru ini kemudian berlari lagi ke tengah lapangan. Hal ini membuat formasi Peta Indonesia yang dibentuk seketika buyar. Namun, kejadian selanjutnya sungguh menakjubkan.

Kerumunan mahasiswa yang semula tak beraturan tetiba membentuk formasi koreografi visual baru. Mereka berkumpul di tengan lapangan dengan rapat hingga membentuk semacam persegi panjang raksasa. Kemudian setelah itu, secara tiba-tiba, deretan mahasiswa yang membentuk persegi panjang itu berubah menjadi bendera Merah-Putih yang sangat besar. Sungguh membuat merinding!

Banyak yang mengapresiasi formasi koreografi yang dimotori Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Undip ini.

Berdasarkan keterangan Ayu Loca di akun Facebook pribadinya, yang dilansir dari laman Bintang, video ini dibuat saat pelaksaan pengenalan kampus (semacam OSPEK) di Undip pada Kamis (17/8) yang dibuat oleh Panitia ODM UNDIP 2017. Karena bertepatan dengan Hari Kemerdekaan RI, sehingga bentuk yang kreasikan adalah gambar peta dan bendera merah putih.

“Bilamana ada kekurangan dalam video mohon dimaafkan, karena kami banyak kekurangan dalam pembuatan koordinat pulau-pulau, dan lain-lain," tulis Ayu Loca di akun Facebooknya.

Info dari Ayu Loca, sekitar 10 ribu mahasiswa terlibat dalam pembuatan koreo tersebut. Para mahasiswa tersebut merupakan gabungan mahasiswa baru dari seluruh fakultas yang ada di universitas terbesar di Jawa Tengah tersebut.

"Ya, itu (peserta formasi) mahasiswa baru semua, mungkin ada sekitar 10 ribu dari semua fakultas," pungkas Ayu Loca. (OS/IB)