Sonia Dinobatkan sebagai Puteri Indonesia 2018

Puteri Indonesia 2018 diraih wakil dari Bangka Belitung, Sonia Fergina Citra. Penobatan itu dilakukan pada Malam Puncak Pemilihan Puteri Indonesia 2018.

Sonia Dinobatkan sebagai Puteri Indonesia 2018
Puteri Indonesia 2018 bersama Puteri Indonesia Lingkungan dan Puteri Indonesia Pariwisata. (Mediasumsel.com)

Inibaru.id – Sonia Fergina Citra terpilih sebagai Puteri Indonesia 2018. Gelar bergengsi itu diberikan kepada Sonia pada Malam Puncak Pemilihan Puteri Indonesia yang dihelat di Jakarta Convention Center, Jumat (9/3/2018) malam.

Putri Indonesia 2017, Bunga Jelitha Ibrani tampak memasangkan mahkota yang bermotif Candi Borobudur itu pada Sonia. Miss Universe 2017, Demi Leigh Nel Peters juga terlihat memberikan selempang pada gadis berusia 25 tahun itu.

Sonia meraih gelar barunya setelah menyisihkan 38 finalis lainnya yang berasal dari seluruh penjuru Indonesia. Dara yang mewakili Bangka Belitung ini dinobatkan sebagai Puteri Indonesia 2018 setelah melalui jalan yang panjang. Dia telah melewati karantina selama sepuluh hari dan berbagai rangkaian acara pada ajang kecantikan yang telah digelar selama 22 kali itu.

Baca juga:
Zico dan Josua, “Anak Bau Kencur” yang Berani Gugat UU MD3 ke MK
Tembus 25 Kali Lipat Penjualan Elektronik, Shopee Adakan Diskon

Perjalanan Sonia dalam Pemilihan Puteri Indonesia tampak mulus. Perempuan yang jago taekwondo ini dinyatakan lolos 11 besar hingga 3 besar bersama perwakilan dari Banten dan Kalimantan Barat. Pada putaran tiga besar, Sonia mendapat pertanyaan langsung dari Demi Leigh mengenai peran ibu baginya. Sarjana Sastra Inggris ini awalnya terbata-bata saat menjawab, tapi dia kemudian menyelesaikannya menggunakan bahasa Inggris.

“Ibu saya merupakan orang yang sangat kuat. Kadang memang ada perbedaan pendapat di antara kami, tapi saya yakin di dalam lubuk hati yang paling dalam, ibu saya sangat sayang kepada saya,” ujar Sonia.

Jawaban itu membuatnya terpilih menjadi ratu kecantikan Indonesia. Sementara itu, posisi Runner-up 1 diraih wakil dari Banten, Vania F Herlambang yang sekaligus menjadi Puteri Indonesia Lingkungan, sedangkan Runner-up 2 ditempati wakil dari Kalimantan Barat, Wilda Octaviani yang dinobatkan sebagai Puteri Indonesia Pariwisata. Turut terpilih wakil dari Daerah Istimewa Yogyakarta, Dilla Fadiela, sebagai Puteri Indonesia Perdamaian.

Baca juga:
Bekraf Coba Selesaikan Masalah Delegasi ERK ke SXSW 2018
Bekraf dan ERK Berujung Kata Sepakat

Sebelum terpilih menjadi Puteri Indonesia 2018, Sonia juga pernah menjadi Puteri Pariwisata pada 2010. Dia juga sempat mewakili Indonesia pada ajang internasional Miss Oriental Tourism pada 2012 seperti ditulis Tribunnews.com, Sabtu (10/3). Dengan terpilihnya Sonia pada ajang ini, dia dijadwalkan mengikuti ajang Miss Universe 2018 yang akan diselenggarakan di Filipina.

Selamat untuk Mbak Sonia. Semoga gelar itu dapat dijaga dengan baik dan dapat berjaya di Miss Universe 2018! (IF/GIL)