Solusi Buat Kamu yang Bingung Setelah Lulus Kuliah Mau Ngapain

Solusi Buat Kamu yang Bingung Setelah Lulus Kuliah Mau <em>Ngapain</em>
Banyak yang bisa kamu lakukan pasca kelulusan. (istock)

Kelulusan bisa berarti dua kemungkinan. Pertama kamu bahagia karena sudah berhasil menuntaskan pendidikanmu. Kedua, kegamangan akan hari depan akan berdatangan seiring kamu harus menentukan babak baru dalam kehidupanmu.

Inibaru.id - Kelulusan merupakan impian atau goals akhir dari semua pelajar yang sudah menempuh  bertahun-tahun pendidikan perguruan tinggi. Selain itu juga, kelulusan melrupakan tolak ukur keberhasilan pelajar dalam menyelesaikan pendidikannya. Setelahnya kamu langsung menyandang sebagai predikat sarjana.

Ada kelebihan dan kekurangan setelah kamu mengemban titel sarjana tersebut. Sukanya kamu sudah menyelesaikan pendidikanmu namun dukanya kamu harus segera menentukan masa depanmu pasca kelulusan dan keluar dari zona nyaman.

Terkadang masih banyak yang bingung mau menentukan arah jalan hidupnya ke mana, tapi kamu nggak perlu khawatir. Buat kamu yang gamang menetukan aktivitas setelah lulus mau ngapain, yuk cobain beberapa solusi di bawah ini.

Rilekskan Diri

Merilekskan diri merupakan salah satu cara paling sederhan buat kamu yang masih bingung setelah lulus mau berbuat apa. Kendorkan pikiran tegangmu, santaikan sejenak jiwa dan raga setelah bertahun-tahun lamanya berkutat di jalur akademik. Setelah kamu sudah melakukan itu, perlahan kamu bisa mulai memikirkan hal apa yang sekiranya akan kamu lakukan setelah ini.

Mendaftar Pada Situs Lowongan Kerja

Di era serba digital ini, semakin mudah untuk kamu dalam menjaring pekerjaan. Salah satu caranya adalah memasukan data dirimu ke website penyedia lowongan kerja. Website seperti linked.id atau jobstreet.com bisa jadi rujukan.

Untuk melamar pekerjaan di website tersebut kamu hanya perlu mengirimkan berkas yang diminta langsung oleh situs tersebut melalui email saja. Kamu nggak perlu panas-panasan memasukkan lamaran di perusahaan-perusahaan.

Ikut Kursus Sesuai Passion

Di sela-sela waktu kelulusanmu kamu punya waktu lebih banyak untuk meningkatkan bakat dan kemampuanmu. Dengan mengikuti kursus yang sesuai passion, kamu bisa makinmenambah kemampuan dirimu dan diharapkan kamu bisa menggunakan kemampuan itu untuk memulai usaha atau kemampuan yang patut ditonjolkan ketika melamar pekerjaan nanti.

Ikut Pelatihan Kerja yang Bersertifikasi

Mengikuti pelatihan kerja punya manfaat besar bagi kamu yang merasa kurang memiliki kemampuan lebih untuk masuk dalam dunia kerja. Selain itu jika ditambah dengan ikut pelatihan bersertifikasi, uji kemampuanmu dapat dibuktikan dengan adanya sertifikat yang sudah kamu genggam tersebut.

Dua hal tersebut bisa jadi pertimbangan saat kamu akan melamar pekerjaan nanti. Untuk informasi mengenai pelatihan kerja maupun sertifikasi, kamu bisa menemukannya di internet atau datang langsung pada instansi terkait.

Bikin Usaha Sampingan

Buat kamu yang ingin bekerja tanpa diatur-atur oleh perusahaan, kamu bisa memulai usaha kecil-kecilan seperti online shop. Di zaman yang serba daring ini, usaha tersebut jika dipupuk secara serius bila memberi pendapatan yang menjanjikan. Kamu juga nggak perlu banyak modal untuk memulai dan menjalankannya. Cukup sedia kuota internet!

Optimalkan Program Intership

Mengoptimalkan program intership atau magang merupakan salah satu modal penting sebelum kamu memasuki dunia kerja. Selain itu dengan mengikuti program tersebut juga bisa menjadi batu loncatan sebelum kamu masuk di dunia kerja yang sebenarnya.

Nah, jadi demikianlah solusi buat kamu yang masih kebingangan menetukan arah pascalulus. Tetap semangat ya, Millens! (IB28/E05)