Solo Jadi Kota Paling Layak Huni di Indonesia

Solo didapuk sebagai kota paling nyaman untuk dihuni berdasarkan sebuah survei. Selain Solo, ada enam kota lain yang mengekor di belakangnya. Kenapa Solo?

Solo Jadi Kota Paling Layak Huni di Indonesia
Kekhasan Solo yang selalu menarik perhatian. (Jatenglive.com)

Inibaru.id – Kalau disuruh memilih sebuah kota yang nyaman untuk ditinggali, kamu bakal pilih mana, Millens? Pernahkah terpikir untuk tinggal di Solo? Yap, baru-baru ini sebuah survei menyatakan bahwa Kota Budaya tersebut dinobatkan sebagai kota paling nyaman untuk dihuni. Hm, pengin kan?

Solo mendapat label sebagai kota ternyaman untuk ditinggali berdasarkan survei yang dilakukan Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) Indonesia terhadap 19 provinsi dan 26 kota sepanjang 2017. Hasilnya, Solo memuncaki posisi pertama. Wah, selamat ya!

Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo mengaku senang dan bersyukur, kendati sempat merasa terkejut juga. Menurutnya, besar kemungkinan ini dipengaruhi kemampuan warganya mengelola kemajemukan sebagaimana ditunjukkan hingga saat ini, seperti ditulis Kompas.com, Sabtu (10/2/2018).

"Masyarakat saling menghargai tanpa memandang suku, agama, dan golongan. Mereka juga memiliki semangat gotong royong," puji Rudy.

Baca juga:
Makanan Khas Imlek dan Maknanya
Kudapan-kudapan Favorit Imlek Selain Kue Keranjang

Aspek lain yang menurutnya mendukung hasil penilaian tersebut adalah penataan kota. Oleh karena itu, pemerintah senantiasa mendorong pembangunan infrastruktur, ruang terbuka hujau, serta ruang terbuka publik yang dapat bermanfaat bagi warganya. Dengan begitu, warga asli Solo dan para wisatawan bisa merasakan kenyamanan serta keamanan.

Sebelumnya, dalam rilis yang diluncurkan IAP, Solo memperoleh indeks sebesar 66,3 persen, mengungguli seluruh kota pesaingnya. Survei tersebut melibatkan 100-200 warga yang menetap di setiap kota. Margin of error yang digunakan adalah sebesar 95 persen dengan metode kuesioner Skala Likert.

Ada sejumlah aspek yang memengaruhi penilaian tersebut, di antaranya keamanan, kebersihan, keselamatan, dan transportasi kota.

Selain Solo, tujuh kota lain juga ditetapkan sebagai kota layak huni karena memiliki indeks di atas rata-rata. Kota-kota tersebut adalah Palembang (66,6 persen), Balikpapan (65,8), Denpasar (65,5), Semarang (65,4), Tangerang Selatan (65,4), dan Banjarmasin (65,1).

Baca juga:
Momen Haru di Balik Kisah Penculikan Bocah Argentina
Festival Rendang Meriahkan HPN 2018

“Solo dan Balikpapan adalah kota yang konsisten sebagai Top Cities. Kota Solo adalah kota yang memiliki indeks tertinggi disusul Balikpapan dan kota lainnya,” kata Elkana Catur, Ketua Kompartemen Livable City IAP, dikutip dari Idntimes.com pada Rabu (31/1).

Wah, jadi pengin pindah ke Solo, nih! Kamu gimana, Millens? (AYU/GIL)