Soju Sering Tampil di Drakor, Mengapa Orang Korea Suka Minum Alkohol?

Soju Sering Tampil di Drakor, Mengapa Orang Korea Suka Minum Alkohol?
Orang Korea suka minum alkohol. Hal ini ditunjukkan dengan seringnya adegan minum soju muncul di Drakor. (Flickr/Ryan Claussen)

Di drama Korea (Drakor) yang kamu lihat, pasti ada adegan minum soju. Hm, sepertinya orang Korea suka minum alkohol, ya? Apa sih alasan mereka sering melakukannya?

Inibaru.id – Kamu suka menonton drama Korea (drakor), Millens? Kalau iya, pasti terbiasa melihat soju. Itu lo, minuman dengan botol berwarna hijau yang biasanya dipakai minum-minum sekumpulan teman sampai mabuk. Hm, jadi penasaran, ya, Millens, mengapa orang Korea suka minum alkohol?

Saking populernya soju gara-gara drama Korea yang mendunia, orang Indonesia yang pengin meminumnya namun takut melanggar larangan agama akhirnya mencari solusi dengan minum soju dengan label halal. Namun, tetap saja, soju ini beda banget dengan yang aslinya dari Korea sono.

Biasanya sih ya, adegan minum soju ini dilakukan di semacam tenda makanan kaki lima yang kalau dibandingkan mungkin mirip budaya angkringan di sini. Kalau nggak, soju diminum di restoran lesehan atau di rumah bersama teman-teman. Sembari minum soju, orang-orang Korea itu makan makanan seperti samgyeopsal yang dibuat dari daging babi.

Mereka ngobrol ngalor-ngidul apa saja, termasuk curhat hingga mabuk. Berbotol-botol soju ini diminum sampai mereka ketiduran.

Meski budaya minum alkohol di sana cukup kuat dan bisa dilakukan siapa saja, baik itu yang tinggal di kota ataupun di desa, tetap saja nggak semua orang sembarangan meminum atau bahkan membelinya. Di sana, ilegal lo kalau remaja dengan usia kurang dari 20 tahun membelinya.

Omong-omong sih ya, ada banyak jenis alkohol selain soju di sana. Ada yang berjenis Makgeolli yang lebih tradisional dan diminum dalam mangkuk kecil. Ada juga Maekju yang merupakan sejenis bir yang bisa dimakan dengan ayam goreng.  Bahkan, ada Dosoju, sejenis soju tradisional yang dibuat dari rempah-rempah dan dianggap bisa membantu mengatasi penyakit.

Soju sering diminum bareng-bareng teman atau rekan kerja. (Flickr/

ecodallaluna)
Soju sering diminum bareng-bareng teman atau rekan kerja. (Flickr/ ecodallaluna)

Balik lagi ke pertanyaan mengapa orang Korea suka minum alkohol. Jadi, sebenarnya orang sana memang terbiasa meminumnya untuk merayakan atau memperingati sesuatu. Contohnya nih, di zaman dahulu, setiap kali musim tanam padi tiba, tahun baru, hingga pas lagi Chuseok, pasti minuman ini bakal disediakan.

Kalau di zaman sekarang, minum alkohol bareng teman-teman atau rekan kerja dianggap bisa mempererat hubungan. Bahkan, soju dianggap sebagai salah satu simbol solidaritas para buruh di sana. Intinya sih, bikin akrab gitu.

Selain itu, soju juga bisa diminum sendirian oleh mereka yang sedang sedih, stres, atau depresi. Kalau yang ini sih pasti sering kamu lihat di drakor, ya. Orang-orang yang sedang dalam suasana hati buruk bisa saja minum sendirian di warung. Kadang malah sambil menangis atau mengumpat-umpat.

Konon, rasa soju aslinya itu pahit, lo, Millens. Tapi, sekarang ada soju dengan tambahan rasa seperti buah-buahan agar lebih manis dan bisa dikonsumsi siapa saja, khususnya kaum hawa.

Hm, jadi sudah terjawab kan alasan mengapa orang Korea suka minum alkohol? Kalau kamu sudah pernah nyoba soju, nggak? (Moj/IB09/E05)