Social Distancing, Hal yang Harus Kamu Lakukan untuk Cegah Penularan Virus Corona

Social Distancing, Hal yang Harus Kamu Lakukan untuk Cegah Penularan Virus Corona
Bekerja di rumah, salah satu cara social distancing demi mencegah virus corona. (kalibrr.com)

Pemerintah dan pakar kesehatan menyarankan masyarakat untuk menerapkan social distancing demi mencegah penularan virus corona. Apa saja yang bisa kamu lakukan?

Inibaru.id – Jumat (13/3/2020) lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan bahwa Indonesia belum akan memberlakukan lockdown akibat virus corona. Meskipun begitu, pemerintah pusat dan beberapa pemerintah daerah sudah meminta masyarakat untuk menerapkan social distancing demi mencegah penyebaran virus ini.

Dr. Panji Hadisoemarto, M.P.H dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran, Bandung, menjelaskan social distancing sebagai tindakan menghindari keramaian atau orang sakit. Dia juga menyarankan pemerintah menginstruksikan kepada masyarakat agar nggak datang ke kantor atau ke tempat-tempat dimana banyak orang berkerumun.

Lalu apa yang harus dilakukan selama social distancing?

Menghindari Kontak dengan Orang Lain

Menjaga jarak dari orang lain, khususnya di keramaian. (twitter.com/sukagaje)
Menjaga jarak dari orang lain, khususnya di keramaian. (twitter.com/sukagaje)

Jeff Martin, MD, MPH dari UC San Fransisco, Amerika Serikat, menyarankan untuk menghindari kontak jarak dekat dengan orang lain. Pastikan memberikan jarak saat melakukan kontak langsung seperti saling menyapa atau berbicara. Kamu juga disarankan untuk nggak melakukan kontak fisik seperti bersalaman demi mencegah penularan virus.

Menghindari Penggunaan Transportasi Umum

Penggunaan transportasi umum. (rumah123.com)
Penggunaan transportasi umum. (rumah123.com)

Pakar kesehatan menyarankan masyarakat yang berusia lebih dari 60 tahun agar tinggal di rumah dan nggak menggunakan transportasi umum. Untuk masyarakat dengan usia muda, sebaiknya mengurangi penggunaannya transportasi umum dan berada di tempat berkerumunnya banyak orang.

Jika kamu terpaksa menggunakan transportasi umum,sebaiknya pakai masker, tidak sembarangan menyentuh benda yang dipegang banyak orang, dan sering mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer.

Cermat Saat Makan di Luar Rumah

Makan di luar rumah harus dilakukan dengan lebih cermat. (nearsay.com)
Makan di luar rumah harus dilakukan dengan lebih cermat. (nearsay.com)

Dalam situasi ini, lansia nggak disarankan untuk makan di luar rumah. Namun masyarakat berusia produktif masih bisa makan di restoran dengan meningkatkan kecermatan. Pastikan untuk membersihkan peralatan makan dengan disinfektan dan mencuci tangan dengan sabun minimal selama 20 detik sebelum makan.

Hal yang sama juga berlaku jika kita ingin pergi ke pusat kebugaran. Sebaiknya membersihkan peralatan olah raga terlebih dahulu dengan disinfektan sebelum menggunakannya.

Menghindari Keramaian

Menghindari keramaian. (timesunion.com)
Menghindari keramaian. (timesunion.com)

Jika kamu terbiasa pergi ke tempat yang ramai seperti bar, pertandingan olah raga, dan pertunjukkan musik, sebaiknyakurangi kebiasaan ini untuk sementara. Beberapa pihak bahkan yang menyarankan untuk menghindari pertemuan yang melibatkan banyak orang seperti acara keagamaan.

Sebagian tempat kerja juga sudah memperbolehkan karyawannya untuk bekerja di rumah untuk sementara waktu. Jika kamu masih harus berangkat ke tempat kerja, sebaiknyajaga kebersihan dengan sering mencuci tangan, tidak bersalaman, dan tidak menyentuh muka dengan tangan.

Sering Menggunakan Disinfektan

Penyemprotan desinfektan di tempat ibadah (akurat.co)
Penyemprotan desinfektan di tempat ibadah (akurat.co)

Pastikan untuk sering menggunakan disinfektan pada benda-benda yang sering disentuh demi membunuh virus corona atau bibit penyakit lainnya. Hal ini tentu bisa mencegah penularan.

Yuk terapkan social distancing untuk mencegah penularan virus corona! (Kom/IB09/E06)

Tags :